in , ,

Tips Aman Transaksi Online Menggunakan Kartu Kredit dan Debit

tips aman transaksi online
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Belanja online jadi salah satu tren yang sedang digandrungi. Selain mudah dan banyak potongan harga, belanja online juga bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran. Salah satunya dengan kartu kredit. Tapi, sudah tahukah kamu tips aman transaksi online menggunakan kartu kredit dan debit?

CPN atau card not present adalah jenis kejahatan yang sudah lama dilakukan. Dengan cara ini, seseorang bisa memanfaatkan kartu kredit atau debit milik orang lain untuk bertransaksi secara online.

Transaksinya pun bisa dilakukan tanpa menunjukkan kartu kredit secara langsung. Lho, kok bisa? Pelaku menggunakan data pribadi pengguna untuk melakukan aksinya. Data ini bisa dicuri dari malware atau wi-fi publik.

Pelaku juga bisa menggunakan cara lain seperti e-mail dan menelepon pengguna untuk mendapatkan data tentang kartu kredit dan debit ini, lho. Seiring berjalannya waktu, terjadi peningkatan aksi CPN yang sangat merugikan konsumen ini.

Apakah kamu salah satunya? Eits, jangan khawatir dulu karena tim Ngobrolin.id punya tips aman transaksi online untuk kamu, nih. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan wi-fi publik saat sedang melakukan transaksi online. Hal ini tentu saja dilakukan untuk berjaga-jaga.

Cara kedua adalah dengan memastikan URL situs yang kamu kunjungi menggunakan “https://”. Tanda ini berarti aktivitas yang kamu lakukan terjaga kerahasiaannya. Selain itu, kamu juga harus merahasiakan tiga digit card verification value atau CVV pada bagian belakang kartu kredit dan debit milikmu. Jangan beritahu siapa pun!

Jangan lupa juga untuk mengubah pin dan password akun milikmu secara berkala. Kita tidak tahu bukan kapan sebenarnya data kita bisa disadap.

Aktifkan pula menu pemberitahuan transaksi dari bank melalui telepon seluler. Dengan begitu, kamu bisa memastikan apakah transaksi yang menggunakan kartu debit dan kredit itu benar-benar kamu lakukan atau bukan.

Ini juga nggak kalah penting. Pastikan juga kamu melakukan transaksi di situs web yang memiliki sistem 3D secure transaction. Web yang kamu gunakan juga seharusnya memiliki informasi verified by Visa/Mastercard Secure Code. Dengan demikian, kartu kredit kamu lebih terjaga keamanannya.

Terakhir, kamu bisa cek tagihan kartu kredit secara berkala. Memang ini sedikit merepotkan. Tapi kalau ada transaksi yang janggal dan tidak masuk akal, yang tentu saja bukan kamu pelakunya, kamu akan lebih mudah melacaknya. Jika terjadi, segera hubungi bank yang mengampu kartu kredit dan debit milikmu, ya.

Selamat berbelanja dengan aman!

Galaxy M30

Alasan Samsung Galaxy M30 Jadi Ponsel 3 Jutaan Terbaik

rekomendasi novel horor terjemahan

5 Rekomendasi Novel Horor Terjemahan, Berani Baca?