in ,

Tips Ampuh Menagih Utang ke Teman

sering susah menagi hutang ke teman? coba cara ini

menagih hutang
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Katanya lebih galak yang berutang dibanding mengutangkan, pastinya menyebalkan jika hal itu terjadi kepada kamu, ya. Apalagi, jika uang yang diutangkan tersebut sebenarnya adalah tabungan, yang terpaksa kamu pinjamkan karena tidak enak hati. Menagih utang memang tidak selalu berjalan mulus. Ada sebagian orang yang suka pura-pura lupa dengan utangnya. Namun, ada juga yang selalu membayar utangnya sesuai janji.

Nah, untuk mengatasi teman kamu yang sering pura-pura lupa dengan utangnya, bahkan lebih galak saat ditagih, berikut ini ada beberapa tips dan trik untuk menagih utang ke teman, semoga berhasil!

Lihat situasi saat teman sedang mendapatkan duit

Menagih utang yang seharusnya bisa dilakukan dan peluang berhasilnya cukup besar sekitar 70 persen adalah saat teman kamu sedang memegang uang. Misalnya saja, saat sedang gajian atau sedang mendapatkan THR menjelang hari raya. Saat-saat seperti itu biasanya suasana hati seseorang sedang sumringah dan uangnya belum hilang untuk dibelanjakan. Kamu bisa menagihnya untuk membayar utang.

Namun, terkadang ada juga orang yang meskipun sudah memegang uang masih menunda-nunda untuk mengeluarkan uangnya untuk membayar utang. Kalau begitu, coba cara yang kedua.

Kasih tahu kebutuhan kamu

Kamu bisa memberitahukan kebutuhan yang harus segera dibayarkan. Dengan begitu, temanmu tidak akan enak hati menunda pembayaran. Misalnya, “Hapeku speakernya ga bisa menyala jadinya kalau telfon tidak bisa dengar suara, mau service hape tapi uangnya kurang, padahal aku butuh untuk kerja. Nah, uang yang kamu pinjam mau aku pakai untuk service hape.

Puji dia

Kalau kamu bingung kenapa harus memuji seseorang yang sudah berutang dan susah dimintanya, kamu harus tahu bahwa seseorang bisa merenspons permintaan ketika egonya sudah berhasil dimainkan. Kamu bisa memainkan egonya dengan pujian yang menyanjung dirinya. Misalnya, kamu memuji dia sebagai teman yang bijaksana dan baik hati.

Teman kamu yang tersanjung akan mempertahankan pujian tersebut sehingga dia akan mencoba baik hati dan bijaksana.

Pinta secara blak-blakan

Kamu bisa mulai memintanya dengan cara sindir halus, tetapi jika belum juga tersadar, langsung saja to the point, kamu ingin menagih utang padanya. Lakukan dengan cara baik-baik, tidak usah emosi. Lakukan negosiasi jika ia masih belum bisa membayar, seperti menggadaikan barang yang dia punya atau melakukan perjanjian tertulis yang sah untuk membayar utang pada tanggal yang kalian sepakati.

tanaman hias yang murah

Ragam Tanaman Hias yang Murah dan Mudah Dirawat

orang jepang menyeruput mi

Alasan Orang Jepang Menyeruput Mi Sampai Bunyi ‘Sluuurp’