in

Tips Ampuh Menghilangkan Ketombe dan Gatal pada Rambut

menghilangkan ketombe
Foto: ketombe

Ngobrolin.id — Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang mengganggu kenyamanan. Terkadang, keberadaannya membuat kulit kepala kita terasa sangat gatal. Banyak yang mengeluhkan hal ini dan kesulitan mengatasinya. Tapi tenang, Tim Ngobrolin punya tips ampuh menghilangkan ketombe dan gatal pada rambut. Begini caranya!

Pastikan sampo dan kondisioner cocok dengan kulit kepala

Belum ada penjelasan ilmiah tentang produk yang cocok dengan tipe kulit kepala masing-masing orang. Namun, mengingat setiap produk memiliki kandungan dan dampak yang berbeda, perlu memerhatikan benar produk mana yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala. Jangan sampai gara-gara salah produk malah menyebabkan ketombe.

Jaga kelembapan rambut

Rambut yang lembap adalah pangkal kulit kepala yang sehat. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan produk sampo dengan kandungan anti-oksidan untuk menetralkan zat radikal bebas serta menjaga kadar keratin untuk menjaga kelembapan dan kekokohan rambut.

Cara lainnya, jangan terlalu sering keramas karena bisa menurunkan kadar minyak alami pada kulit kepala. Idealnya cukup keramas tiga kali dalam seminggu agar rambut tidak terlalu kering.

Jangan malas menyisir rambut

Terkesan simpel namun rupanya menyisir rambut tak hanya berfungsi merapikan. Melansir situs Medical News Today, rutin menyisir rambut berpotensi menurunkan peluang terbentuknya ketombe. Menyisir rambut menstimulasi produksi kelenjar minyak sehingga kulit kepala tidak mudah kering.

Jaga asupan nutrisi

Perbanyak asupan zinc, vitamin B, protein, dan zat besi untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan kekokohan rambut. Selain menghindari ketombe, nutrisi baik bagi rambut mencegah kerusakan berupa rambut kering, bercabang, serta mudah patah.

Hindari stres

Stres selalu menjadi pangkal segunung gangguan kesehatan, tak terkecuali masalah ketombe dan kesehatan kulit kepala. Melansir situs Healthline, tingginya stres melemahkan sistem imun sehingga infeksi akibat jamur di kulit kepala sukar sembuh. Kulit kepala pun mudah mengelupas alias berketombe.

alat dapur berbahan kayu

Memilih Alat Dapur Berbahan Kayu, Banyak Untungnya!

cinta melalui musik dan olahraga

Temukan Cinta Melalui Musik dan Olahraga