in

Tips Belanja Online Selama Pandemi Covid-19 Biar Gak Boros

pinter belanja online biar duit ga menghilang

belanja online
foto: pexels

Ngobrolin.id — Intensitas belanja online sejak wabah virus corona muncul mulai meningkat. Banyak orang lebih nyaman untuk belanja online dibanding langsung datang ke toko. Selain itu, pembatasan sosial menyebabkan banyak toko yang tutup sehingga sebagian harus beralih berjualan via online. Belanja online selama pandemi harus dilakukan dengan bijak. Jika tidak, bisa jadi kamu malah lebih boros daripada belanja offline.

Penyebab borosnya belanja online selama pandemi cukup banyak. Salah satunya, promo yang gencar diberikan oleh online shop atau e-commerce. Selain itu, kemudahan transaksi juga dapat menyebabkan kamu tidak berpikir beberapa kali untuk berbelanja, meskipun itu bukan sebuah kebutuhan yang mendesak. Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan beberapa tips di bawah ini untuk mencegah hilangnya duit kamu di olshop akibat kalap belanja selama masa pandemi.

Belanja sesuai dengan kebutuhan

Tips paling pertama yang paling sering dijumpai dalam tips berbelanja adalah belanja sesuai dengan kebutuhan. Hal ini memang harus kamu lakukan untuk mencegah membeli barang yang tidak penting dan menyebabkan kamu menyesal di kemudian hari.

Beli barang sesuai dengan selera

Terkadang memang sulit untuk mencari barang yang sesuai dengan selera, seperti model, warna, serta ukuran yang dibutuhkan. Untuk mengurangi risiko belanja berlebihan, sebaiknya beli barang yang benar-benar sesuai dengan selera agar kamu tidak perlu membeli barang yang sama dua kali karena barang pertama kurang bisa memuaskan seleramu.

Bandingkan harga dengan toko lain

Jangan terpaku dengan satu toko, sebelum membeli, kamu bisa membandingkan harga dengan toko lain. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan barang dengan kualitas yang sama dengan harga yang lebih murah, pastinya akan menguntungkanmu juga.

Perhatikan biaya ekspedisi barang (ongkos kirim)

Terkadang, toko yang jauh menjual barang yang sesuai dengan selera, tetapi kamu harus memperhitungkan biaya ekspedisi. Kamu juga harus memerhatikan biaya ekspedisi tersebut agar pengeluaran kamu tidak membengkak secara ghoib karena kamu hanya memperhitungkan harga barang.

Metode pembayaran

Selain ekspedisi, perhatikan metode pembayaran karena hal tersebut juga dapat memengaruhi pengeluaran kamu saat berbelanja. Sebaiknya, gunakan jasa pembayaran online yang saat ini sudah banyak tersedia. Biasanya, jasa pembayaran tersebut akan memudahkan kamu sekaligus bisa memberikan kamu keuntungan seperti cashback.

ambiver

Kepribadian Ambiver, Setengah Introver Setengah Ekstrover

es krim rasa gas

Es Krim Rasa Gas Air Mata, Apa Rasanya?