in

Tips Berangkat Kerja Menggunakan KRL Bagi Bumil

Berdesakan di dalam KRL membuat Mom harus ekstra berhati-hati

tips berkendara KRL
Foto: freepik

Ngobrolin.id — KRL alias kereta rel listrik menjadi salah satu moda transportasi masal favorit banyak pekerja. Rutenya yang melewati banyak stasiun, bisa diakses dengan harga yang murah, dan cepat jadi alasan utama. Termasuk, bagi para ibu pekerja yang sedang hamil. Moms, berikut ini tips berkendara KRL bagi Moms yang sedang memasuki masa kehamilan saat bekerja.

Pertama, Moms harus menghafalkan rute yang akan ditempuh. Rute berangkat dan pulang kantor bisa dihafalkan dengan menandai stasiun yang akan dituju. Moms juga sebaiknya hafal lokasi pintu dibuka di stasiun serta gerbong yang akan dinaiki. Dengan demikian, Moms tidak perlu berjalan jauh atau berlari untuk menaiki kereta.

Kedua, jangan lupa hafalkan jadwal kedatangan kereta. Terkadang, jadwal ini tidak 100 persen akurat. Namun, jadwal ini bisa menjadi patokan waktu kedatangan kereta serta tiba di stasiun berikutnya. Moms pun bisa menyusun strategi waktu berangkat dan waktu pulang kantor.

Tips ketiga adalah memilih sepatu yang tepat. Karena sedang hamil, Moms lebih rentan lelah saat berdiri dan berjalan jauh. Pilihlah sepatu tanpa heels atau memiliki heels yang rendah. Pilih pula sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan. Kini, sudah banyak sepatu nyaman namun tetap menawan, kok.

Tips  berikutnya adalah jangan lupa melakukan perenggangan. Perenggangan dilakukan agar badan tidak terasa kaku. Berjalan dan duduk dalam waktu lama pasti melelahkan, terlebih ketika Moms sedang hamil.

Moms bisa melakukan perenggangan atau streching di tempat duduk, selama tidak mengganggu pengguna KRL yang lain. Perenggangan tangan dan kaki secara sederhana bisa dilakukan ketika KRL dalam keadaan sepi.

Tips terakhir, Moms harus tetap bertoleransi saat menaiki KRL. Ibu hamil, orang lanjut usia, ibu dengan balita, dan penyandang cacat memang merupakan penumpang prioritas untuk mendapatkan duduk di KRL. Namun, jika semua penumpang tersebut menginginkan duduk di kursi, tidak akan ada solusi.

Moms bisa meminta bangku kepada orang yang tidak memiliki kendala saat berdiri di KRL. Jika tidak mampu melakukannya sendiri, Moms boleh meminta tolong kepada petugas yang sedang bertugas. Petugas tersebut akan membantu Moms menemukan kursi untuk duduk.

Namun, jika ternyata seluruh kursi sudah penuh oleh penumpang prioritas, Moms sebaiknya menunda perjalanan di kereta berikutnya. Berdesak-desakan dalam posisi berdiri bisa membuat Moms mengalami kelelahan yang berdampak buruk bagi kehamilan.

Semangat berjuang ya, Moms!

wanita karier

Tips dan Persiapan Moms Kembali Bekerja

tips merawat buku

Tips Merawat Buku agar Antirayap