in ,

Tips Berjemur Bagi Ibu Hamil

Menguatkan tulang dengan cara berjemur, ternyata ada caranya!

tips berjemur
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Kegiatan berjemur di bawah matahari, terutama di pagi dan sore hari, baik bagi kesehatan tulang. Semua orang, termasuk ibu hamil, boleh berjemur di bawah matahari yang tidak terik. Berikut beberapa tips berjemur bagi ibu hamil yang bisa Moms praktikkan.

Gunakan tabir surya

Walaupun sedang tidak mengandung, penggunaan tabir surya sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar ini juga memancarkan UV A dan UV B yang berbahaya bagi kulit. Penggunaan tabir surya bisa mengurangi paparan kedua sinar ini bagi kulit. Dampaknya, sinar ini dapat mencegah kulit terbakar dan menimbulkan kanker kulit.

Moms bisa menggunakan tabir surya dengan kriteria minimal SPF 30. Hindari pemilihan produk yang mengandung oxybenzone ataupun minyak.

Jangan lupa minum

Saat berjemur, tubuh akan mengeluarkan keringat karena panas. Akibatnya, cairan dalam tubuh pun akan berkurang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup. Moms bisa membawa tumbler atau botol minum ketika berjemur agar tidak terlupa.

Gunakan pakaian khusus

Pakaian khusus yang dimaksud tidak melulu harus mahal dan susah dicari. Moms bisa berjemur dengan menggunakan pakaian yang longgar. Jadi, Moms bisa bergerak dengan lebih mudah dan tidak cepat merasa gerah.

Selain itu, disarankan untuk menggunakan pakaian berwarna terang. Pakaian berwarna gelap akan menyerap sinar matahari. Akibatnya, Moms pun akan lebih cepat merasa gerah dan banyak mengeluarkan keringat serta dehidrasi.

Jangan lupa gunakan topi atau pelindung kepala lainnya. Hal ini bertujuan melindungi kepala yang mencakup wajah dan rambut. Selain itu, gunakan pula kaca mata hitam agar tidak silau saat berkegiatan.

Terakhir, hindari menggunakan pakaian yang terbuka pada bagian perut. Pakaian yang tertutup bisa melindungi tubuh dengan lebih sempurna serta membuat kulit terhindar dari kulit belang.

Batasi waktu

Sebaiknya, berjemur bagi ibu hamil hanya dilakukan selama 5—10 menit. Waktu berjemur pun harus dilakukan di pagi hari atau sore hari, saat matahari sudah tidak terlalu terik. Berjemur di siang hari bisa berbahaya bagi kulit. Moms bisa berjemur sebanyak 2—3 kali dalam seminggu.

 

penyebab sariawan

Hal-hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Sariawan

aneka minuman hangat

Hangatkan Malam dengan Minuman Khas Indonesia