in

Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar

Jalan-jalan sendiri tanpa ragu dompet terkuras

cara menghemat bahan bakar
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Senang bepergian dengan kendaraan pribadi? Salah satu kendala bagi pengemudi kendaraan pribadi adalah penggunaan bahan bakar yang kelewat boros. Padahal, ada beberapa cara menghemat bahan bakar mobil yang bisa kamu coba sebelum bepergian jarak jauh. Yuk, intip cara-caranya agar performa mobil lebih maksimal.

Mengemudi dengan kecepatan konstan

Lakukan mengemudi dengan kecepatan konstan atau tetap. Kamu harus memerhatikan sekelilingmu saat berkendara. Jika kamu ingin menambah kecepatan berkendara, lakukan secara perlahan. Idealnya, kamu bisa melakukan akselerasi pada angka 20 kilometer per jam selama lima detik saat memacu mobil. Hal tersebut bisa membantumu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 11 persen, lho.

Stop idling

Jangan biarkan mesin menyala pada kondisi idle yang terlalu lama. Mobil bisa menggunakan 130 cc bahan bakar dalam 10 menit jika kamu membiarkannya dalam kondisi idling, walaupun hal tersebut terjadi pada kondisi netral dan AC telah dimatikan.

Cek ban

Tekanan angin pada ban mobil sangat penting untuk diperhatikan. Jika ban mobilmu kekurangan angin, hal tersebut bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 2—4 persen. Tekanan ban normal berkisar pada 50 kilo pascal atau 0,5 kilogram per cm kuadrat.

Panaskan mesin

Kini, mobil tidak lagi harus dipanaskan dalam waktu yang lama. Kamu cukup memanaskan mobil sesuai kebutuhan, misalnya tiga menit sebelum berkendara. Pemanasan mesin ini dilakukan agar mobil lebih siap dikendarai dan pelumasan sudah terjadi di seluruh bagian mesin ketika digunakan.

Kurangi beban kendaraan

Jika kamu merasa membawa beban yang terlalu berat, sebaiknya kamu kurangi beban tersebut hingga ke batas sewajarnya. Membawa beban dengan berat 100 kilogram bisa meningkatkan penggunaan bahan bakar hingga tiga persen, lho.

Cari tahu keadaan lalu lintas

Sepele namun sangat bermanfaat, kamu bisa mencari tahu keadaan lalu lintas yang ada di sepanjang perjalanan menuju lokasimu berkendara. Hindari daerah yang terdapat kemacetan. Semakin lama perjalanan yang kamu lakukan karena terjebak macet, otomatis bahan bakar yang kamu gunakan juga akan lebih banyak.

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan area parkir yang kamu pilih. Semakin jauh, semakin banyak bahan bakar yang terbuang. Parkir liar yang menjadi sumber kemacetan juga akan memperparah keadaaan.

stalker Instagram

Cek Pengintip Akun Instagram Kamu dengan Cara Ini

mengatasi dinding lembap

Tutorial Mengatasi Dinding Lembap dan Berjamur