in ,

Tips Biar Bunga Lebih Tahan Lama Gak Cepet Layu

bunga lebih tahan lama
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Bunga menjadi salah satu hadiah yang disukai banyak orang. Tidak hanya untuk pasangan, kamu bisa memberikan bunga untuk kerabat, orang yang dihormati, dan lain-lain. Namun, sayangnya, umur bunga segar tidak pernah bertahan lama, bunga hanya mampu bertahan selama satu minggu jika ditempatkan pada vas berisi air. Nah, berikut ini Ngobrolin punya beberapa tips biar bunga lebih tahan lama dan gak mudah layu.

Berikan gula

Gula sudah terkenal sebagai pengawet yang cukup mudah dan murah. Kamu hanya perlu mencampurkan 3 sendok makan gula dan 2 sendok makan cuka putih untuk tiap satu liter air hangat. Masukkan air tersebut ke dalam vas bunga dan pastikan air tersebut mengenai batang tanaman. Gula tersebut dapat menjaga bunga agar tetap segar, sedangkan cuka berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Koin

Kesegaran bunga juga bisa kamu perpanjang dengan menggunakan koin, lho! Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan koin tembaga dan gula ke dalam air di dalam vas bunga. Koin tembaga tersebut mengandung zat asam yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri sehingga bunga tidak mudah layu dan membusuk.

Hair spray

Hair spray tidak hanya berfungsi menjaga gaya rambut kamu agar tetap on point, hair spray juga berguna untuk membuat kesegaran bunga jadi lebih lama. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan hair spray di bagian bawah daun dan kelopak bunga.

Soda

Campurkan ¼ gelas minuman bersoda ke dalam air di dalam vas bunga. Air bersoda tersebut mengandung gula yang dapat membuat bunga lebih tahan lama. Gunakan jenis soda sesuai dengan jenis vas yang kamu gunakan. Apabila vas yang dipakai transparan, gunakan soda yang berwarna seperti air mineral.

Cuka sari apel

Cara lain untuk membuat bunga kamu lebih tahan lama adalah cuka sari apel. Gunakan 2 sendok makan cuka sari apel dan 2 sendok makan gula, masukkan ke dalam air vas bunga. Agar kesegaran bunga bertahan lebih lama, ganti air di dalam vas secara rutin setiap beberapa hari.

Pemutih

Tambahkan ¼ sendok teh pemutih untuk setiap 1 liter air vas bunga. Atau, kamu juga bisa menggunakan 3 tetes pemutih dan 1 sendok teh gula ke dalam 1 liter air. Ramuan tersebut dapat mencegah air di dalam vas menjadi keruh dan menghambat pertumbuhan bakteri.

istilah hubungan percintaan

Selain Ghosting, Ini Deretan Istilah Hubungan Percintaan Kekinian

moodboster

Berkebun, Moodbooster Buat Kamu yang Sedang Jenuh