in

Tips dan Persiapan Moms Kembali Bekerja

Sudah siap kembali ke dunia karir, mom?

wanita karier
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Menjadi wanita karier adalah pilihan sebagian besar perempuan masa kini. Apakah Moms salah satunya? Tentu berat meninggalkan si kecil di rumah bersama pengasuh. Begitu pula kembali ke tempat kerja setelah berbulan-bulan cuti hamil dan melahirkan. Kira-kira, butuh persiapan apa saja ya untuk Moms kembali bekerja?

Hal pertama dan paling utama adalah persiapan mental. Tak bisa dimungkiri, berbulan-bulan berada di rumah sebelum dan setelah melahirkan pasti akan cukup berat bagi Moms untuk adaptasi lagi. Mulai dari suasana kantor, hingga banyaknya pekerjaan yang menumpuk.

Kembali ke kantor dan langsung melakukan aktivitas secara normal akan membuat Moms mudah tertekan karena perbedaan kebiasaan. Oleh karena itu, Moms sebaiknya mempersiapkan momen ini satu hingga dua minggu sebelum kembali ke kantor.

Moms bisa mulai mengatur simulasi bekerja, mulai dari bangun tidur, menyiapkan kebutuhan suami dan si kecil, hingga menghitung perkiraan waktu kembali. Selain produktif, waktu tersebut juga sangat berguna sebagai pertimbangan ketika sudah benar-benar kembali bekerja nantinya.

Tips kedua adalah memilih hari masuk pada Rabu atau Kamis sebagai hari pertama. Pada hari ini, pekerjaan biasanya tidak terlalu berat dibandingkan Moms memulai masuk bekerja perdana pada Senin. Selain itu, hari-hari ini pun tidak seringan Jumat ketika banyak orang sudah memikirkan rencana akhir pekan.

Setelah melakukan simulasi dan masuk selama setengah pekan, lakukan evaluasi. Apakah si kecil terpenuhi kebutuhannya, seperti ASI dan kebutuhan lainnya? Apakah ada yang harus diubah seperti waktu berangkat dan waktu pulang? Coba Moms renungkan hal-hal tersebut.

Hal-hal tersebut bisa Moms lakukan jika Moms masih bekerja di kantor yang sama. Bagaimana jika Moms sudah resign dan akhirnya memilih kembali menjadi wanita karier? Berikut ini langkah-langkah yang harus Moms lakukan.

Pertama, pikirkan lagi pekerjaan apa yang cocok bagi perempuan pascamelahirkan. Carilah pekerjaan yang administratif dan minim dengan risiko fisik. Kondisi fisik perempuan pascamelahirkan masih rawan cedera sehingga sebaiknya Moms mencari pekerjaan yang ringan.

Di sisi lain, carilah pekerjaan yang memungkinkan bisa membagi waktu dengan si buah hati. Beberapa pekerjaan yang mengharuskan waktu lembur bagi karyawannya sebaiknya dihindari karena hal ini kurang baik bagi kesehatan Moms.

Kedua, update CV dan kembangkan skill. Cantumkan pengalaman kerja yang sudah digeluti sebelumnya. Memperbarui isi CV sangat penting, lho, untuk menunjang surat lamaran yang Moms kirimkan ke perusahaan.

game jadul

5 Game Jadul Ini Sekarang Ada di Android Lho, Yuk Nostalgia!

tips berkendara KRL

Tips Berangkat Kerja Menggunakan KRL Bagi Bumil