in

Tips dan Trik Menyeduh Kopi Cold Brew dengan Alat Sederhana

menyeduh kopi dengan cara yang sederhana

kopi cold brew
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Pada dasarnya kopi cold brew merupakan bagian dari kopi hitam biasa, hanya teknik pembuatannya yang berbeda. Rasa dari kopi cold brew pun tidak seasam kopi tubruk tradisional sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh kamu yang punya masalah pencernaan namun tetap ingin minum kopi.

Kandungan kafein dalam kopi cold brew yang diseduh dengan air panas memiliki kafein yang lebih rendah, yaitu 40 miligram dibanding kopi hitam sebesar 62 miligram kafein. Sangat cocok untuk kamu minum saat santai atau sedang mengerjakan tugas tanpa perlu khawatir dengan sistem pencernaanmu.

Berikut ini tips dan trik menyeduh kopi cold brew dengan alat yang sederhana namun rasanya seperti seduhan barista profesional.

Menggunakan pitcher

kopi cold brew
foto: unsplash

Kopi ini bisa dibuat dengan alat khusus mizudashi yang banyak tersedia di pasaran. Penggunaan alat ini terbilang cukup mudah. Namun, kamu tetap bisa membuat kopi rendah asam ini dengan pitcher yang biasa digunakan untuk membuat sirup atau teh yang ada di rumah.

Giling biji kopi dengan tingkat kekasaran sedang

kopi cold brew
foto: unsplash

Biji yang akan digunakan harus digiling terlebih dahulu dengan teksturnya kasar sedang. Kamu bisa menggunakan biji kopi arabika sebanyak 125 gram. Selanjutnya, masukkan kopi tersebut ke dalam pitcher. Lalu, tambahkan air bersuhu ruang, suhu ideal untuk menyeduh adalah 90—95° C sebanyak 1.000 ml ke dalam pitcher.

Taruh di lemari es

Simpan picther di dalam lemari es dan diamkan selama 5 jam atau hingga kopi terseduh. Saat itu kopi terseduh dengan suhu dingin sehingga menghasilkan seduhan kopi yang baik.

Kopi siap untuk disajikan

Setelah 5 jam atau saat sudah terseduh sempurna, saring dengan mesh yang kecil untuk memisahkan antara ampas dan larutan kopi. Setelah itu, kopi siap untuk disajikan.

Tambahkan krim dan susu sesuai selera

kopi cold brew
foto: unsplash

Agar lebih nikmat, tambahkan es batu, krim, dan susu sesuai dengan selera. Menyeduh kopi cold brew manual biasanya tidak ada ketentuan ukuran gelas saji yang digunakan karena sudah menggunakan server sehingga kopi bisa dituang secara bertahap ke cangkir.

dalam pesawat

10 Hal yang Dilarang Saat Kamu Berada di Dalam Pesawat Terbang

menangis tanpa sebab

Hai Wanita, Pernah Menangis Tanpa Sebab?