in ,

Tips Foto Makanan yang Bagus dengan Menggunakan Hape

foto makanan
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Foto makanan sering dilakukan oleh banyak orang, entah untuk kesenangan pribadi atau justru untuk kepentingan bisnis. Saat ini makanan sudah berkembang, tidak lagi hanya untuk menuntaskan rasa lapar, tetapi juga menjadi objek seni yang menarik untuk difoto sehingga banyak orang tertarik mencobanya.

Sebetulnya, kebiasaan foto makanan bisa menjadi salah satu ladang bisnis yang menjanjikan jika ditekuni dengan baik. Jadi, kamu tidak hanya mementingkan eksistensi makanan tersebut, tetapi juga mencari tahu teknik foto yang benar sehingga foto yang dihasilkan berkualitas.

Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya foto makanan yang bagus hanya dengan menggunakan hape, simak tipsnya di bawah ini.

Pastikan pencahayaannya bagus

Buat pemula hal yang paling penting dipersiapkan adalah pencahayaan, jangan terlalu redup atau terang. Pencahayaan yang paling bagus dan mudah didapatkan adalah sinar matahari atau pencahayaan alami. Jangan menggunakan flash saat memfoto makanan karena bisa menyebabkan hasilnya kurang menarik.

Manfaatkan fitur grid

Jika kamu mengambil gambar dengan kamera hape, biasanya akan muncul kotak-kotak pada layar hape. Nah, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut agar posisi objek makanan menjadi lebih presisi. Terkadang, pemula suka bingung untuk meletakkan objek makanan sehingga foto yang dihasilkan menjadi tidak pas, bahkan miring.

Rapikan makanan terlebih dahulu

Hasil yang bagus juga dipengaruhi dari objek. Kalau kamu ingin mendapatkan foto yang bagus, pastikan objeknya sudah siap difoto. Jangan malu-malu untuk merapikan makanan, seperti posisi sendok garpu, bahkan mengelap tetesan saos yang bentuknya tidak pas.

Pilih latar belakang yang natural

Pilihlah latar belakang foto yang natural agar makanan kamu bisa terekspos dengan baik. Latar belakang yang terlalu ramai dapat membuat makanan kamu menjadi kurang kontras.

Perhatikan angle

Nah, ini yang sering menjadi PR buat pemula karena menentukan angle memang cukup sulit, apalagi jika kamu belum terbiasa foto makanan. Foto makanan dengan hape lebih bagus menggunakan angle dari atas atau separuh makanan saja.

Gunakan aplikasi editing foto

Untuk menghidupkan warna atau mempertajam tekstur pada foto, kamu bisa menggunakan aplikasi editing foto. Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan objek yang tidak perlu, lho! Tapi kalau kamu kurang andal dalam menghilangkan objek yang mengganggu, kamu tetap bisa menggunakan aplikasi untuk menghidupkan suasana foto.

mural

Asal-usul Mural yang Sering Menghiasi Tembok di Pinggir Jalan

ice burn

Ice Burn, Efek Samping dari Es Batu yang Ditempelkan ke Kulit