in

Tips Hemat Keuangan di Musim Kondangan

tips hemat
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Menginjak usia 20-an, biasanya kamu akan semakin banyak menerima undangan pernikahan. Mulai dari keluarga, teman sekolah, hingga teman kantor atau teman kerja. Hal ini tentu bisa menguras dompet kamu, ya. Tapi tenang saja, Tim Ngobrolin mau bagi-bagi tips hemat keuangan di musim kondangan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Siapkan dana/tabungan khusus

Kalau kamu sudah tahu jadwal pernikahan teman atau kerabat dekat yang akan terjadi beberapa bulan ke depan, coba sisihkan sebagian gaji untuk dijadikan pos pengeluaran untuk kebutuhan ini. Misalnya, rutin menyisihkan Rp200 ribu selama 2—3 bulan menjelang tanggal kondangan, ini bisa menyelamatkan kamu dari pengeluaran tak terduga di bulan kondangan.

  1. Pinjam baju

Tidak perlu beli baju baru setiap kali ada yang menikah, apalagi kalau kamu hanya hadir sebagai tamu biasa. Coba buat daftar koleksi pakaian dan aksesori pribadi untuk inventori awal, kemudian lengkapi dengan padu padan barang pinjaman dari kakak, adik, ibu, atau teman baik.

Namun, kalau ada pernikahan kerabat yang butuh busana spesial, pilih opsi mencari penyewaan baju​​​​​​​ dibandingkan membuat atau membeli baju yang tentu lebih mahal. Padahal, baju tersebut akan jarang dipakai di kemudian hari.

  1. Berhemat di make up dan hair do

Tampil cantik paripurna memang menyenangkan, tapi masa sih setiap kali hadir di kondangan kamu harus menyewa jasa make up artist dan hair do? Mahal, lho! Coba dandan sendiri dengan bantuan video tutorial di media sosial, atau pilih salah satu, make up sendiri dan cukup menata rambut di salon yang harganya terjangkau saja.

  1. Pilah-pilah

Bila undangan pernikahan yang akan kamu hadiri cukup banyak, misalnya lebih dari 1 per harinya atau berada di luar kota, tidak ada salahnya kamu memilih yang mana yang harus dihadiri. Daripada memaksakan hadir dan mengeluarkan biaya ekstra, apalagi bila kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan.

Kirimkan selamat secara personal kepada mempelai dan beritahu kalau kamu berhalangan hadir. Bisa juga ajak teman lain untuk patungan kado, atau boleh juga titipkan angpao bila kamu berhalangan hadir.

mendekor ulang interior

Ini Keuntungan Mendekor Ulang Interior Rumah

Sopan santun

Sopan Santun yang Wajib Diajarkan pada Anak Sejak Dini