in

Tips Hemat Saat Belanja, Lakukan 5 Hal Ini!

tips hemat belanja
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Beda zaman, beda pula caranya. Saat ini, belanja bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja hanya dengan bermodalkan smartphone. Hal ini pula yang membuat kita menjadi lebih boros dan sulit untuk menabung. Jika sudah begini, solusi tepatnya adalah kamu harus mencari tips hemat belanja supaya nggak boros di zaman serba instan ini. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini buat menghemat uang belanja kamu.gaya

  1. Tunggu beberapa hari sebelum membeli

Berikan waktu kepada diri sendiri beberapa hari sebelum melakukan pembelian. Di selang waktu itu, tanyakan pada diri sendiri, apakah saya masih menginginkan barang tersebut, bisa jadi kamu sudah tidak terlalu ingin, bahkan sudah lupa. Sebab, tak jarang ada barang lain yang lebih menarik minat kamu di masa jeda itu.

  1. Tanyakan pada diri sendiri: “Apakah saya tak bisa hidup tanpa produk ini?”

Belajar bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Lipstik dan sepatu baru selalu menyenangkan, tetapi apakah tidak membelinya akan menghambat pekerjaan atau keseharian kamu? Bila jawabannya tidak, ini berarti tidak ada urgensinya. Oleh karena itu, sebelum membeli sesuatu, tanyakan kepada diri sendiri dengan ekstrem, apakah saya tidak bisa hidup/bekerja tanpa barang ini? Biasanya sih, jawabannya “nggak”.

  1. Uninstall dan Unfollow

Bila melihat video dan unggahan dari para influencer yang mempromosikan produk dan jasa membuat kamu lebih impulsif dan konsumtif, mungkin baiknya bersih-bersih isi media sosial kamu, deh. Unfollow akun mereka akan mengurangi paparan, bujukan, dan dorongan untuk belanja.

Uninstall juga aplikasi e-commerce dan toko online yang setiap harinya mengirimkan notifikasi diskon, promo spesial, dan info produk baru yang mendorong kamu melakukan pembelian impulsif.

  1. Ingatlah bahwa harga murah dan bebas ongkos kirim = buang-buang uang!

Belanja barang seharga Rp200 ribu, tapi menghemat ongkir Rp10 ribu tetap saja kamu mengeluarkan uang Rp200 ribu. Baju murah dan lucu seharga Rp99 ribu tetap saja berarti membuang uang tak berguna bila untuk memuaskan keinginan semata. Lipstik seharga Rp60 ribu pun bisa dinilai pemborosan, apalagi kalau kamu masih punya 10 lipstik yang masih layak pakai di rumah.

Jadi, sebelum terkena bujuk rayu iming-iming promo, harga murah, dan tawaran bebas ongkos kirim, tahan diri dan pikirkan baik-baik. Ingat, jumlah uang yang kamu habiskan, bukan yang kamu ‘hemat’, apalagi bila tidak dibutuhkan.

  1. Hanya bayar dengan uang yang kamu miliki!

Hindari melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau dengan sistem Pay Later yang disediakan beberapa e-commerce dan penyedia jasa transportasi online. Sebab, itu sebetulnya menjadi utang dan harus kamu lunasi di akhir bulan nanti. Ingin beli baju baru tapi isi rekening sudah sekarat, tahan saja sampai gajian nanti daripada menemukan tumpukan tagihan. Lebih baik menahan diri tapi tak terlilit utang, ‘kan?

Bayar selalu dengan uang cash atau debit/transfer. Dengan begini, kamu benar-benar menyadari ada uang yang hilang dan berkurang saat melakukan pembelian.

membuat ruangan kantor lebih sehat

Tips Membuat Ruangan Kantor Lebih Sehat

rahasia panjang umur warga Jepang

3 Rahasia Panjang Umur Warga Jepang