in ,

Tips Hindarkan Rumah dari Jamur Dinding

Rumah bebas lembap bebas jamur

Jamur dinding
Foto: pixabay

Ngobrolin.id Jamur dinding menjadi masalah banyak rumah, terutama bila rumah tersebut berada di daerah lembap. Jamur dinding membuat warna dinding menjadi bercak-bercak yang menurunkan estetika interior. Nggak mau, dong, cat rumah mengelupas karenanya? Yuk, simak cara menghindarkan rumah dari jamur dinding yang menyebalkan ini.

Salah satu penyebab utama dari munculnya jamur dinding ini adalah kelembapan yang tinggi di dalam rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa keberadaan ventilasi dan jendela. Keduanya haruslah ada di rumah yang ditempati.

Ventilasi dapat membantu uap air keluar dari dalam rumah. Rumah dengan ventilasi yang baik memiliki beberapa ventilasi. Jika ventilasi tersebut kurang berfungsi maksimal, kamu bisa menambahkan kipas ekstrafator di bagian kamar mandi dan dapur. Kipas ekstrafator dapat membantu mengurangi kelembapan udara dengan lebih maksimal.

Begitu pula dengan penggunaan jendela. Sebaiknya, gunakan jendela dengan double daun jendela. Di bagian depan, kamu bisa menggunakan jendela kaca sementara bagian dalamnya menggunakan teralis besi. Dengan demikian, keamanan pun masih dapat terjaga.

Selain ventilasi, kipas ekstrafator, dan jendela, kamu juga bisa menggunakan dehumidifier untuk mengurangi kelembapan udara. Alat penyerap udara ini bisa digunakan dalam ruangan yang sempit agar tidak lembap.

Peletakan barang-barang perabotan rumah tangga juga bisa meningkatkan kelembapan udara. Hindari meletakkan perabot terlalu dekat dengan dinding. Perabot dan furnitur yang menyentuh dinding, akan menghasilkan pertumbuhan jamur, baik pada dinding maupun perabot tersebut.

Beri jarak tertentu agar perabot tidak menempel pada dinding. Selain mencegah penjamuran, hal ini juga bisa memudahkan saat hendak membersihkannya. Berikan jarak beberapa sentimeter agar ruangan masih tetap terasa luas.

Cara lain adalah dengan mengganti jenis cat rumah dengan cat antijamur. Pilih cat yang bisa melapisi permukaan dinding sehingga mampu menahan uap dan kelembapan. Selain ruangan biasa, gunakan pula cat khusus untuk melapisi dinding kamar mandi. Jangan lupa pula untuk sering membersihkan cermin di kamar mandi agar terhindar dari jamur.

Terakhir, jangan lupa bagian ruang rumah. Kelembapan yang tinggi juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada rumah, terlebih ketika musim hujan tiba. Cek ulang atap rumah dan pastikan tidak ada yang bocor. Dengan begitu, air hujan tidak merembes ke dinding dan menyebabkan jamur dinding tumbuh.

Game VR

Game VR yang Siap Manjakan Matamu

menghilangkan bau ompol

Anak Mengompol? Ini Cara Hilangkan Baunya pada Kasur