in ,

Tips Jitu Belajar Tajwid dengan Cara yang Mudah

belajar tajwid semakin mudah dan menyenangkan

belajar tajwid
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu keutamaan yang harus dilakukan saat membaca Alquran adalah penggunaan tajwid yang benar. Kunci membaca Alquran yang benar adalah menguasai huruf hijaiyah, menguasai tanda baca Alquran, dan ilmu tajwid seperti cara melafazkan huruf yang benar. Oleh karena itu, penting untuk kamu belajar tajwid untuk menyempurnakan bacaan Alquran.

Saat ini sudah sangat mudah untuk belajar tajwid. Untuk kamu yang pemula sangat disarankan mencari guru yang ahli agar bisa dibimbing secara langsung. Bagi kamu yang sudah pernah mengikuti beberapa kelas disarankan untuk terus mengulang materi tajwid agar tidak lupa. Berikut ini beberpa tips jitu untuk belajar tajwid.

Mengikuti kelas dari lembaga Alquran

Saat ini, sudah banyak lembaga tempat belajar Alquran di kota-kota besar. Kamu yang baru saja mau memulai belajar tajwid bisa mengikuti program di lembaga tersebut, jangan malu, tidak ada kata telat untuk memulai. Ingat, jika ingin menyempurnakan bacaan Alquran, kamu harus menguasai ilmu tajwid. Akan ada ganjaran pahala yang besar untuk mereka yang sedang berusaha menuntut ilmu.

Menggunakan buku pedoman yang mudah dimengerti

Selain lembaga Alquran yang mudah ditemui, saat ini sudah banyak buku pedoman yang bisa kamu gunakan. Setiap buku pedoman tersebut memiliki metode yang berbeda-beda, dan pastikan jika metode tersebut mudah dikuasai dan dimengerti. Seperti metode Alfazh yang diajarkan oleh Lafazh Research Center, metode tersebut dijabarkan dalam buku 60 Menit Bisa Baca Al-Qur’an Metode Alfazh.

Bagi kamu yang sudah pernah belajar tajwid atau yang ingin mencari buku pedoman untuk mengajar tajwid, buku ini sangat tepat untuk digunakan. Keunggulan buku ini adalah materi yang disusun secara sistematis dan ringkas sehingga memudahkan kamu untuk cepat memahaminya. Terdapat berbagai macam contoh yang mudah dipahami dan dipelajari.

Buku ini juga disusun secara induktif sehingga materi pelajaran semakin mudah dimengerti dan didukung oleh desain yang sangat menarik sehingga tidak membosankan untuk terus dipelajari.

Terus mengulang agar selalu ingat dan terbiasa

Tidak cukup hanya mempelajarinya satu kali, kamu harus terus mengulangnya agar ingat dan terbiasa. Pasalnya, ilmu tajwid ini sangat luas dan banyak. Jika sering mengulang materi yang sudah dipelajari, akan semakin memudahkan kamu untuk terbiasa dan mudah memahami cara menyempurnakan bacaan Alquran.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan buku pedoman seperti 60 Menit Bisa Baca Al-Qur’an Metode Alfazh. Kamu bisa mendapatkan buku tersebut dengan mudah dan harga diskon di Bukularis.

mengenalkan islam pada anak

Cara Seru Mengenalkan Islam pada Anak

nutrisi selama berpuasa

Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Berpuasa Agar Tidak Mudah Lemas