in , ,

Tips Jitu Menawar Barang untuk Kamu yang Gak Jago Nawar

jangan khawatir, menawar itu mudah kok!

menawar barang
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Proses tawar-menawar merupakan salah satu bagian yang biasa terjadi saat transaksi jual beli. Biasanya, proses tersebut terjadi ketika kamu berbelanja di pasar atau toko pinggir jalan. Tapi, ada juga yang tidak bisa ditawar karena penjual sudah menyediakan harga pas. Berikut ini tips jitu buat kamu yang gak jago menawar barang agar bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah!

Cari referensi harga

Kalau kamu tidak mau mendapatkan harga yang terlalu mahal, sebaiknya lakukan survei harga terlebih dahulu. Kalau sekarang sih gampang, kamu tinggal buka e-commerce atau online shop, lalu tinggal cari barang yang kamu mau. Bandingkan antara satu toko dan toko lain. Setelah sudah mengetahui kisaran harga untuk barang tersebut, kamu bisa jadi lebih mudah melakukan penawaran.

Biarkan pedagang menyebutkan harganya terlebih dahulu

Kalau disuruh menyebutkan harga yang kamu mau terlebih dahulu, sebaiknya jangan dilakukan deh. Kamu minta penjualnya untuk menyebutkan harga barang tersebut lebih dahulu. Setelah itu, baru deh tawar. Sebenarnya, kasus ini jarang terjadi, sih. Tapi, tetap saja kadang ada pedagang yang justru melemparkan pertanyaan seperti ini.

Gunakan bahasa yang sopan dan santai

Kalau lagi menawar barang jangan terlalu menggebu-gebu, santai aja. Biasanya, kamu akan menjumpai berbagai pedagang dengan sifat yang berbeda-beda. Santai saja nawarnya, kadang kamu bisa jadi bercanda tipis-tipis sama pedagang saat menawar barang.

Begitu pun saat kamu tidak mendapatkan harga yang kamu mau. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pedagang karena sudah meluangkan waktunya untuk proses tawar-menawar.

Parkir kendaraan agak jauh dari lokasi

Terkadang, ada pedagang yang melihat penampilan kamu. Kalau kamu terlihat mampu, biasanya harga barang suka dinaikkan. Untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya kamu bisa memakirkan kendaraan agak jauh dari toko. Tapi, cara ini memang terbilang ribet, sih. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui referensi harga mengenai barang yang akan dibeli biar tidak ketipu.

Menawar barang di lokasi wisata

Biasanya, penjual nakal di lokasi wisata menjual barang dagangannya agak mahal kepada wisatawan, apalagi jika kamu wisatawan luar negeri. Tapi tenang saja, kalau kamu wisatawan lokal, kamu masih bisa menawar barang tersebut. Kalau perlu, gunakan bahasa daerah setempat jika kamu menguasainya. Hal tersebut sangat membantu untuk proses tawar-menawar, lho!

work from home

Kisah Work From Home Dihadirkan Sebagai Serial Komedi di GoPlay

film serial original Indonesia

Review Saiyo Sakato, Drama Keluarga Minang yang Kocak!