in

Tips Jitu Mengatasi Kulit Kering Akibat Sering Cuci Tangan

atasi kulit kering akibat terlalu sering kena sabun

kulit keriing karena
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu cara pencegahan virus corona yang paling ampuh dan paling dianjurkan adalah rajin mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun. Pasalnya, virus corona mudah mati dengan sabun. Namun, terlalu sering mencuci tangan membuat kulit telapak tangan menjadi kering, apalagi bagi mereka yang memiliki tipe kulit kering. Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi kulit kering karena sering cuci tangan dengan mudah.

Kamu juga tidak bisa membiarkan kulit kering begitu saja karena sering mencuci tangan. Kulit yang kering dan rusak justru menjadi sumber serangan bakteri penyakit yang malah meningkatkan penularan virus lebih mudah masuk ke tubuh melalui luka yang terdapat di kulit. Oleh karena itu, kamu harus segera mengatasi permasalahan kulit kering karena sering cuci tangan.

Menggunakan pelembap

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengembalikan kelembapan kulit dengan produk-produk kelembapan yang bisa kamu beli di supermarket terdekat. Setelah mencuci tangan, segera keringkan telapak tangan dan gunakanlah krim pelembap. Pelembap sebaiknya digunakan setiap setelah mencuci tangan, sebelum tidur, dan saat kamu merasa telapak tangan sangat kering. Pelembap yang digunakan sebaiknya berupa krim atau salep.

Mencuci tangan dengan air hangat

Mencuci tangan dengan air hangat dapat mencegah kulit menjadi kering dan dapat melarutkan minyak-minyak yang mungkin menempel pada telapak tangan kamu. Gunakanlah air hangat yang aman untuk kulit. Nanti bukannya terhindar dari kulit kering, kulit kamu malah menjadi iritasi karena luka bakar.

Gunakan sabun yang melembapkan kulit

Perhatikan sabun yang digunakan, karena ada beberapa jenis sabun yang akan membuat kulit mengelupas, kering, dan pecah-pecah. Gunakanlah sabun yang dapat melembapkan tangan, seperti sabun cair yang biasanya bisa meminimalisir kulit kering. Saat mencuci tangan, jangan terlalu terburu-buru karena bisa memperburuk kondisi kulit.

Keringkan tangan pada bahan yang lembut

Sama seperti kulit wajah, hindari mengeringkan tangan pada bahan yang kasar karena bisa menggesek lapisan terluar kulit. Hal tersebut akan menyebabkan kulit iritasi dan mengelupas. Gunakanlah tisu wajah atau tisu toilet untuk mengeringkan kulit.

 

 

 

 

 

dalgona coffee

Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer dengan Mudah

bosan wfh

Sudah Mulai Bosan WFH? Ikuti Tips Ini!