in ,

Tips Jitu Menghilangkan Tumpukan Utang

hempaskan utang agar hidup lebih tenang

menghilangkan tumpukan hutang
foto: pexels

Ngobrolin.id — Utang merupakan suatu kewajiban yang akan terus dibawa jika kamu tidak segera menyelesaikan. Namun, terkadang sebagian orang mengalami kesulitan untuk menghilangkan tumpukan utang. Bahkan, utang satu selesai timbul lagi utang yang lain. Sebenarnya, kamu bisa kok menghilangkan tumpukan utang tersebut dengan menerapkan beberapa hal berikut.

Stop konsumsi yang kurang berguna

Seseorang yang sering mengajukan utang baru biasanya karena sulit mengatur manajemen keuangan sendiri sehingga pada saat ada kebutuhan ia tidak tahu harus memenuhinya dari mana dan akhirnya membuat utang baru. Padahal, kamu bisa mencegah utang baru dengan stop melakukan konsumsi yang kurang berguna.

Konsumsi yang kurang berguna itu seperti terlalu banyak melakukan kegiatan yang sifatnya menghibur diri karena stres. Padahal, terlalu banyak menghibur diri pasti membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, sebaiknya lebih bijak lagi dalam menentukan pengeluaran yang lebih berguna.

Jangan buat utang baru

Biasakan jika masih ada satu utang yang belum lunas, jangan timbun lagi dengan utang lain meskipun terlihat sepele. Fokuslah untuk menyelesaikan utang yang sedang kamu miliki saat ini. Selama tagihan tersebut belum selesai, jangan coba-coba untuk membuat utang baru.

Segera lunasi utang yang penting dan berbunga tinggi

Utang yang berbunga tinggi jika dibiarkan terlalu lama, malah akan makin memberatkan kamu karena bunganya terus berlipat dalam nominal yang cukup besar. Jika dibiarkan begitu saja, tagihan kamu akan makin membengkak. Selain itu, segera lunasi utang yang sangat urgent dan harus diselesaikan secepat mungkin seperti cicilan rumah atau kendaraan.

Ubah susunan anggaran pengeluaran

Mulai atur susunan anggaran agar kamu tidak terlena saat duit sedang banyak dan merana saat duit sedang menipis. Sebaiknya, saat masih ada utang, relakan salah satu pengeluaran untuk dialokasikan membayar utang agar utang kamu cepat selesai.

Minta restrukturisasi utang dan penjadwalan ulang

Mintalah keringanan dengan mengajukan penjadwalan ulang melalui restrukturisasi perjanjian utang agar kamu bisa menyelesaikan utang yang sangat penting.

 

 

 

 

lagu ardhito pramono

Rekomendasi Lagu Ardhito Pramono yang Wajib Ada di Playlist

kuaci

Kuaci, Makanan Hamtaro yang Bermanfaat