in

Tips Liburan di Pulau Pari Biar Liburan Kamu Makin Asyik

Jangan buah sampah sembarangan ya!

Pulau Pari
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id —  Salah satu destinasi wisata pantai di daerah Jakarta yang cukup populer dan banyak diminati adalah Pulau Pari. Pulau ini terletak di kawasan Kepulauan Seribu, ukurannya tidak begitu besar dan memiliki banyak pemandangan pantai yang indah. Buat kamu yang belum pernah berkunjung ke pulau ini, Tim Ngobrolin bakal kasih beberapa tips biar liburan kamu makin mudah dan menyenangkan.

Menuju ke pulau

Biasanya ada dua cara yang bisa dipilih oleh wisatawan, yakni menggunakan jasa travel atau jalan sendiri. Kalau menggunakan jasa travel, kamu pasti sudah tinggal datang ke pelabuhan membawa barang pribadi tanpa perlu repot menyiapkan segala kebutuhan selama liburan. Selama masa pandemi, kamu perlu menyiapkan surat keterangan rapid test antigen.

Nah, buat kamu yang memilih jalan sendiri, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Kali Adem atau Pelabuhan Marina Ancol. Harga tiket Pelabuhan Kali Adem sekitar Rp67.000 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dan berangkat pukul 08:00 WIB. Sementara, jika berangkat dari Marina, kamu perlu menyiapkan biaya tiket kapal sebesar Rp150.000 tetapi waktu tempuhnya lebih singkat.

Penginapan

Di Pulau Pari tidak ada hotel, di sana lebih banyak homestay kecil. Biasanya, pada musim liburan banyak rumah warga yang disulap menjadi homestay. Kamu bisa memesan penginapan saat sebelum berangkat melalui aplikasi traveling, tetapi jika kamu datang di luar musim liburan kamu juga bisa langsung datang ke Pulau dan mencari homestay di hari H. Namun, sebaiknya jangan gunakan strategi ini jika datang pada musim liburan.

Tak hanya homestay, kamu juga bisa berkemah di kawasan Pantai Pasir Perawan. Di sana ada beberapa tempat penyewaan alat kemah sehingga kamu bisa memilih untuk menyewa atau membawa alat kemah sendiri. Untuk budget penginapan di Pulau Pari rata-rata sekitar Rp300 ribu—Rp400 ribu sudah dilengkapi dengan AC.

Gunakan fasilitas sepeda

Bentuk Pulau Pari memanjang sehingga kamu butuh waktu cukup lama untuk menjelajah dengan berjalan kaki. Biar gak capek, sebaiknya kamu gunakan fasilitas penyewaan sepeda. Harganya cukup murah, yakni sekitar Rp25.000 selama satu hari penuh. Kalau menggunakan sepeda, kamu bisa menjelajah seluruh destinasi wisata di pulau tersebut dalam waktu yang relatif singkat.

Destinasi wisata

Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Pari ini tentu saja pantai-pantainya yang indah. Pertama, Pantai Pasir Perawan yang menawarkan keindahan pantai pasir putih dan lorong-lorong hutan mangrove. Kedua, Pantai Lengger yang terletak di ujung Pulau, kamu harus melewati hamparan alang-alang untuk sampai di pantai terujung ini.

Jangan lupa untuk snorkeling, biar kamu juga bisa melihat keindahan bawah laut di pulau ini. Ketiga, kamu bisa menikmati sunrise di Pantai Pasir Bintang.

Makan

Buat kamu yang memilih traveling atau backpacker, gak perlu khawatir soal makan karena di pulau ini ada beberapa warung makan yang buka sampai malam hari. Budgetnya juga tidak begitu mahal, malah cenderung standar dengan harga makanan kaki lima di Kota Jakarta.

Perjalanan pulang

Jangan terlalu asyik liburan sampai lupa beli tiket pulang. Kapal ke Jakarta biasanya akan berangkat pukul 10:00 WIB, jadi kamu perlu membeli tiket pada pagi hari. Namun, biasanya pemilik homestay akan menawarkan diri untuk membelikan kamu tiket pulang.

 

 

memilih hijab

Tips Memilih Hijab Saat Traveling

mengunyah

Bahaya Mengunyah Hanya pada Satu Sisi untuk Kesehatan Gigi