in

Tips Memasak dengan Serai agar Aroma Menggoda Lebih Terasa

Sedapnya masakan dengan bumbu serai akan lebih maksimal dengan cara ini

memasak dengan serai
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Serai banyak dimanfaatkan sebagai pemberi aroma sedap pada masakan. Banyak masakan tradisional Indonesia yang menggunakan herba ini sebagai salah satu bahan bakunya. Ternyata, menggunakan serai nggak bisa sembarangan, lho. Ada tips memasak dengan serai supaya kamu mendapatkan aroma yang lebih harum.

Tips pertama adalah pilih serai dengan kondisi baik. Pastikan serai yang kamu pilih tidak busuk dan sudah cukup tua. Serai yang sudah ‘berumur’ ini akan memberikan aroma yang lebih ‘nendang’ ketimbang serai muda.

Ciri serai tua adalah batangnya yang tebal tapi masih terlihat segar. Selain itu, bentuk batang serai juga seharusnya lurus. Semakin tua, aroma yang dikeluarkan akan semakin kuat.

Jika sudah mendapatkan serai yang diinginkan, langkah berikutnya adalah membuang satu hingga dua lapisan terluar pada serai. Bagian terluar ini tidaklah memiliki aroma yang menyengat. Selain itu, cara ini juga dilakukan untuk menghilangkan bagian serai yang layu dan tidak diinginkan.

Tak hanya bagian terluar, akar serai juga bisa langsung dibuang. Sama seperti lapisan terluar serai, akar juga akan mengurangi aroma serai. Hilangkan akar agar bau harumnya lebih maksimal.

Jangan langsung masukkan serai ke masakan yang sedang kamu olah! Sebelumnya, kamu harus menggeprek atau mememarkan serai terlebih dahulu. Kamu bisa gunakan ulekan atau benda berat lainnya untuk membuat serai memar. Aroma serai yang terdapat dalam cairan di dalamnya pun akan lebih ‘keluar’ dan tercium harum.

Selain digeprek, serai juga dapat diiris agar menciptakan bau yang diinginkan. Tips ini terutama bisa diterapkan jika kamu membuat masakan yang berbahan kaldu. Iris tipis bagian serai yang berwarna putih dengan bentuk serong.

Bentuk serong ini memungkinkan permukaan irisan menjadi lebih lebar. Akibatnya, kaldu akan lebih terserap ke dalam serai tersebut. Aroma yang dihasilkan pun akan lebih maksimal jika dilakukan dengan cara ini.

Terakhir, kamu bisa menyimpan serai yang belum digunakan dengan cara ini agar aromanya tidak hilang. Cuci serai yang sudah kamu pilih hingga bersih. Setelah itu, keringkan serai hingga tidak ada air menetes.

Simpan serai dalam wadah kedap udara. Masukkan wadah tersebut ke lemari pembeku agar aromanya tidak hilang dan menguap. Jika akan menggunakan serai kembali, kamu bisa mengambil serai dan merendamnya sebentar dalam air. Mudah, bukan?

 

Mengatasi diseleksia

Yuk, Bantu si Kecil Atasi Diseleksia

toilet umum layak

Memastikan Toilet Umum Layak Guna