in

Tips Memasak Steak Rumahan yang Sempurna

Pastikan kamu melakukan cara-cara ini

tips bikin steak
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Suka bikin steak sendiri? Sayangnya, steak ala rumahan terkadang rasanya tidak senikmat steak yang dibeli di kedai steak atau restoran. Hal tersebut bisa saja terjadi karena alasan-alasan tertentu. Yuk, simak untuk mencari tahu tips bikin steak yang endues abis!

Steak sebaiknya dibuat menggunakan daging yang tepat. Pilih daging sapi yang masih segar dan memiliki warna cerah. Kesegaran daging ini berpengaruh pada rasa dan tekstur steak yang akan kamu buat, lho.

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan pilihan daging yang kamu gunakan. Di restoran dan kedai steak ternama, mereka hanya menggunakan potongan yang memang cocok untuk diolah sebagai steak. Potongan daging ini antara lain merupakan bagian loin, rib, dan strip pada penamaan dagingnya. Misalnya, kamu bisa memilih daging sirloin atau tenderloin.

Kadang kita terlalu bersemangat dalam membuat steak sehingga langsung memasak daging yang masih segar tersebut. Padahal, sebelum dimasak menjadi steak, daging haruslah dikeringkan terlebih dahulu.

Daging untuk steak sebaiknya didiamkan pada suhu ruangan terlebih dahulu. Jangan gunakan daging beku agar terasa sari daging steak yang pas dan terasa lembap. Jika daging masih basah, hal ini membuat daging sulit terkaramelisasi dan menimbulkan sensasi pembakaran yang tidak sempurna.

Setelah mendapatkan daging yang tepat, cara membuat steak rumahan berikutnya adalah memastikan metode memasak yang kamu lakukan sudah benar. Steak yang baik haruslah dibolak-balik agar kematangannya merata.

Membolak-balik daging steak akan membuat kematangannya merata dan tekstur daging tetap juicy. Steak yang dimasak dengan cara didiamkan akan membuat daging terasa lebih alot. Kembali lagi ke selera, ya, guys. Jika kamu lebih suka daging steak yang juicy kamu bisa membaliknya secara berkala.

Tidak hanya soal membolak-balikkan daging, steak yang alot juga bisa didapatkan dari hasil pemasakan yang overcook. Ada beberapa skala dalam tingkat kematangan steak. Semakin lama pemasakan yang kamu lakukan, daging akan semakin keras.

Ingin menyantap steak sesegera mungkin setelah matang? Urungkan niatmu! Sebaiknya, hidangkan steak setelah didiamkan terlebih dahulu selama 30 menit. Lagi pula, steak yang baru saja masak pasti memiliki suhu yang sangat tinggi dan dapat membuat lidahmu kelu, bukan?

Selamat memasak!

 

ciri kamu harus mendatangi psikiater

Curhat Nggak Berujung Solusi? Mungkin Kamu Butuh ke Psikiater

cara memilih bumbu kering

Suka Memasak dengan Bumbu Kering? Coba Praktikkan Cara Ini