in

Tips Memasak Tumis, Sederhana dan Lezatnya Tiada Dua

Masak dengan mudah namun tetap istimewa, ikuti tips berikut

tips memasak tumis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai pencinta kuliner, tentu setuju dong kalau masakan tumis adalah salah satu masakan yang sederhana dan nikmatnya nggak diragukan lagi? Tumis merupakan menu masakan yang cukup mudah dibuat dan dapat diolah dari bahan-bahan sederhana. Inilah tips memasak tumis yang bisa upgrade masakan tumismu jadi juara!

Tips pertama adalah kamu harus memastikan bahwa potongan bahan-bahanmu sudah siap dalam sekali lahap alias one bite. Bahan tumis yang sering digunakan adalah sayuran, daging, serta olahan daging.

Sayur yang digunakan pun beragam. Jika kamu menggunakan sayuran umbi seperti wortel, pastikan sudah memotongnya dalam ukuran yang kecil, ya. Sebab, wortel bisa saja belum masak jika terlalu tebal.

Selain itu, jika kamu menggunakan daging, baik daging ayam, sapi, maupun ikan, pastikan sudah memotongnya juga dalam ukuran one bite. Dibandingkan bahan pembuat tumis yang lain, bahan ini memang paling lama masak.

Hal yang sama juga bisa diterapkan pada bahan olahan daging seperti sosis dan bakso. Hanya saja, sosis dan bakso lebih mudah matang daripada daging itu sendiri.

Agar tidak lengket, kita bisa menggunakan margarin atau minyak di awal sebelum menumis. Eits, hanya gunakan salah satu, ya. Jika ingin aromanya lebih tercium, kamu bisa gunakan margarin. Penggunaan margarin dan minyak yang terlalu banyak justru akan membuat tumisanmu ‘basah’ dan berminyak.

Tips memasak tumis berikutnya adalah jangan gunakan api kecil. Terdengar aneh, bukan? Biasanya, kita akan memasak sayuran dengan menggunakan api kecil agar matangnya merata, terutama bila kita menggunakan sayuran yang agak tebal.

Sayangnya, memasak dengan api kecil dalam waktu yang lama dapat membuat tumis menjadi over cooked alias terlalu matang. Akibatnya, tekstur sayuran dan isian tumis lainnya jadi tidak segar lagi. Sebaiknya, gunakan api yang besar sekaligus dan dalam waktu yang singkat.

Terakhir, berikan sedikit air pada tumis yang kamu buat. Tumis bukanlah menu yang dibuat dengan cara full digoreng dengan minyak. Penambahan air ini tidak akan membuat makananmu jadi berkuah, kok.

Sedikit air yang ditambahkan saat proses membuat tumis akan membuat sayuran dan bahan lainnya lebih cepat matang. Selain itu, teksturnya pun akan lebih empuk dan juga memberikan penampilan yang lebih indah.

Selamat mencoba!

 

kado untuk calon mertua

Beri Surprise Calon Mertua dengan Hadiah Ini

wisata gratis di Singapura

Kunjungi Wisata Gratis di Singapura