in

Tips Membeli Proyektor Video agar Tidak Salah Pilih

tips membeli proyektor video
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Proyektor video biasanya digunakan sebagai alat presentasi dalam hiburan bisnis dan komersial, serta di beberapa sistem home theater yang sangat canggih. Nah, kamu yang ingin memilikinya sendiri, perlu memerhatikan tips membeli proyektor video berikut ini supaya nggak salah pilih.

Lampu, LED, dan laser

Selain teknologi LCD atau DLP inti yang dapat digunakan dalam proyektornya ini, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah sumber cahaya yang digunakannya adalah lampu, LED, atau laser. Ketiga opsi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Home theater adalah yang terbaik untuk melihat film-film olahraga, DVD, atau Blu-ray Disc.

Portabilitas

Portabilitas itu penting. Tidak hanya memungkinkan kamu untuk bergerak atau bepergian denganmu, tetapi menyederhanakan pemasangan dan pengaturan. Ini juga akan memudahkan kamu untuk mencoba berbagai ukuran layar, jarak, dan ruangan yang berbeda untuk melihat yang terbaik. Jika proyektornya portabel, kamu bahkan dapat menggantung lembaran layar (screen) di dinding luar rumah di musim panas dan menikmati film drive-in kamu sendiri.

Output cahaya dan kecerahan

Cara terbaik untuk menentukan apakah proyektor mengeluarkan cukup cahaya untuk menghasilkan gambar yang terang. Secara relatif, dengan 1.000 ANSI Lumens atau lebih besar memiliki kecerahan yang cukup untuk penggunaan home theater.

Rasio kontras

Rasio kontras melengkapi kecerahan. Kontras adalah rasio antara bagian hitam dan putih dari gambar. Rasio kontras tinggi memberikan putih-putih dan hitam-hitam. Misalnya sebuah proyektor mungkin memiliki rating lumens yang besar, tetapi jika rasio kontras rendah, gambarmu akan terlihat luntur. Di ruangan yang gelap, rasio kontras minimal 1.500: 1 adalah baik, tetapi 2.000: 1 atau lebih tinggi dianggap sangat baik.

Kerapatan piksel

Pixel Density (alias resolusi layar) adalah penting. Jenis LCD dan DLP memiliki jumlah piksel tetap. Jika sebagian besar tampilan kamu adalah HDTV, dapatkan jumlah piksel natif setinggi mungkin (sebaiknya 1920×1080). Jumlah piksel asli 1024×768 cukup untuk DVD. Namun, sinyal HDTV 720p memerlukan jumlah piksel 1280×720 untuk tampilan asli. Sementara, sinyal input HDTV 1080i memerlukan jumlah piksel asli 1920×1080.

Ada dua jenis utama dari video proyektor yang tersedia, yaitu DLP (Digital Light Processing) dan LCD (Liquid Crystal Display). Dengan menggunakan sumber cahaya, jenis DLP menggunakan kombinasi roda warna dan chip yang berisi cermin miring mikroskopik. Cahaya melewati roda warna, memantulkan cermin, dan kemudian diproyeksikan pada layar.

aneka permen jadul

Yuk, Nostalgia dengan Aneka Permen Jadul

rekomendasi game android buat para mancing mania

5 Rekomendasi Game Android Buat Para Mancing Mania