in ,

Tips Membeli Sayuran yang Segar

lihat caranya disini untuk mendapatkan sayuran yang segar

tips membeli sayuran
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Tentunya kamu lebih bersemangat masak saat bahan yang digunakan segar, tidak layu apalagi busuk. Namun, terkadang kamu masih kesulitan untuk membeli sayuran yang segar karena tidak begitu paham dunia persayuran. Tenang saja! Di bawah ini Tim Ngobrolin sajikan tips membeli sayuran yang dijamin segar.

Bayam

tips membeli sayuran
foto: unsplash

Untuk menentukan sayur bayam masih segar, sebenarnya sangat mudah. Tips membeli sayuran bayam bisa dilakukan dengan melihat fisik sayuran. Pilihlah sayuran yang berwarna hijau, tidak ada daun yang sobek atau berlubang, dan tidak menunjukkan tanda kelayuan seperti warna kekuningan atau tampak layu.

Brokoli

tips membeli sayuran
foto: unsplash

Pilihlah brokoli yang berwarna hijau segar dan berwarna hijau kebiruan. Jika kuntum bunga sudah menguning dan longgar, berarti brokoli tersebut terlalu tua untuk dimasak. Ukuran brokoli tidak menjadi masalah, hanya pada saat membeli, sebaiknya perhatikan bagian batang. Pilihlah brokoli berbatang halus dengan daun yang masih tampak segar. Jangan pilih brokoli yang berbatang kasar, berkayu, atau berlubang.

Buncis

tips membeli sayuran
foto: unsplash

Pilihlah buncis muda yang akan dimasak dengan ciri-ciri segar, lurus, dan tidak cacat atau rusak. Buncis yang rusak ditandai dengan adanya bintik-bintik, lunak, basah, dan ada lubang. Pilihlah buncis yang belum tampak polongnya, polong yang masih muda berwarna lebih tua. Buncis segar berbentuk silindris dan dapat dipatahkan dengan mudah tanpa berlendir.

Jamur

tips membeli sayuran
foto: pertanianku

Pilih jamur yang masih utuh alias tidak sobek atau tidak ada noda. Jangan pilih jamur yang tangkainya sudah menghitam dan selubungnya sudah terbuka. Ukuran jamur tidak menjadi masalah, kamu hanya perlu memerhatikan beberapa faktor tadi.

Jagung

tips membeli sayuran
foto: unsplash

Jagung yang masih terbungkus rapi dengan kulit atau kelobot jagung rasanya lebih manis dan masih segar. Sementara, jagung yang sudah terbuka dan dikemas dalam plastik biasanya kurang manis dan kurang segar.

Jagung yang sudah cukup umurnya bisa kamu ketahui dengan memencet salah satu bulir jagung, jika mengelarkan cairan seperti susu, berarti jagung tersebut sudah matang. Jangan beli jagung yang berkulit kuning atau agak kekuningan dengan biji yang sudah mengeras.

Kol

tips membeli sayuran
foto: unsplash

Pilihlah kol yang segar dengan bunganya yang terselubung daun-daun yang berwarna hijau cerah Hindari kol yang susunannya tidak padat dan bunganya sudah mekar. Hal tersebut merupakan ciri-ciri kol sudah tua. Jangan pilih kol yang terdapat bercak-bercak atau luka karena kol tersebut mudah ditumbuhi jamur.

 

 

 

pernikahan outdoor

Kini Pernikahan Outdoor Bisa Dilakukan di Taman-taman Kota Jakarta

try out masukkampus

Try Out MasukKampus Sudah Tiba di Kota Jember untuk Menyapa Ribuan Peserta