in ,

Tips Membuat Kegiatan Ramadan Menjadi Lebih Asyik Saat Harus di Rumah Saja

kegiatan menjadi lebih asyk saat ramadan di rumah aja

kegiatan ramadan
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat harus berpuasa di rumah saja sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan nilai ibadah puasa yang jarang didapatkan jika kamu harus beraktivitas keluar rumah. Banyak kegiatan ramadan yang positif yang masih bisa dilakukan dari rumah. Saat ini hampir di seluruh bagian belahan dunia sedang dilanda wabah virus corona. Peran kita sebagai masyarakat biasa adalah berada di rumah untuk mencegah penularan lebih lanjut. Berikut ini beberapa kegiatan Ramadan yang bisa dilakukan di rumah.

Membuat menu buka puasa dan sahur

Salah satu kendala yang kerap dialami saat bulan puasa adalah bosan dengan makanan buka puasa dan sahur yang itu-itu saja. Kondisi tersebut akan ditemukan saat menjelang minggu ketiga puasa hingga lebaran. Menu buka dan sahur yang itu-itu saja sering disebabkan oleh keterbatasan waktu untuk mengolah karena kegiatan sehari-hari yang harus tetap dijalani.

Saat ini, kamu bisa merancang menu buka puasa serta sahur untuk satu bulan kedepan. Ada banyak resep menu masakan yang bisa kamu eksplor. Buatlah agenda per hari, apa saja yang ingin kamu masak agar lebih mudah.

Infak dan sedekah secara online

Saat ini apa-apa sudah serba online, termasuk untuk menyalurkan infak dan sedekah. Di bulan puasa seluruh kebaikan akan mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat. Apalagi saat ini kita dihadapkan banyak pihak yang membutuhkan bantuan berupa infak dan sedekah. Sekecil apa pun bantuan tersebut akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya.

Membaca juz ‘amma

Ilmu tentang alquran sangat luas dan kita dianjurkan untuk terus mempelajarinya agar bisa memahami serta membacanya dengan benar. Alquran merupakan pedoman hidup umat Islam. Oleh karena itu, mempelajari alquran akan mendatangkan berbagai manfaat untuk hidup kamu. Kamu bisa memulai dengan membaca juz ‘amma yang berisi surat-surat pendek di juz 30.

Membaca juz ‘amma semakin asyik saat dilengkapi dengan pedoman tajwid serta terjemahan yang jelas seperti dalam buku Juz ‘Amma Terjemahan dan Tajwid Warna. Kamu pun bisa sambil belajar tajwid dengan jelas karena setiap tajwid ditandai dengan warna-warna yang menarik. Buku ini juga dilengkapi bacaaan zikir pagi petang, tata cara wudhu, serta beberapa penjelasan yang membantu kamu memahami kandungan ayat lebih mendalam.

Olahraga

Selama bulan puasa, olahraga harus tetap berjalan agar daya tahan tubuh kamu tetap sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Olahraga merupakan pelengkap yang sangat tepat untuk memaksimalkan manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

 

jenis kolak

Jenis Kolak yang Biasa Dijumpai Saat Bulan Puasa

membersihkan barang belanjaan

Cara Mudah Membersihkan Barang Belanjaan