in ,

Tips Membuat Proposal Bisnis yang Menarik, Cocok Buat Influencer!

Jalinan bisnis gak bisa dilakukan sembarangan

proposal bisnis
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Kerja sama bisnis tidak bisa dilakukan sembarangan karena kedua belah pihak pasti menginginkan keuntungan dan menghindari risiko kegagalan. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus memiliki proposal bisnis yang menarik agar mampu memikat rekan bisnisnya yang lain.

Proposal bisnis tidak hanya diperuntukkan bagi pengusaha saja, lho! Saat ini banyak influencer yang harus menyediakan proposal agar mampu memikat hati brand untuk bekerja sama dengannya.

Tenang saja, proposal bisnis yang dibikin oleh influencer tidak harus njelimet seperti proposal yang dibuat oleh pengusaha atau sebuah perusahaan. Hal yang terpenting di dalam proposal tersebut memuat seluruh informasi mengenai kegiatan influencer di media sosial.

Yuk, simak informasi apa saja yang dicantumkan dalam proposal bisnis untuk influencer!

Segmentasi followers

Brand tidak bisa sembarangan memberikan endorse apabila segmentasi followers-nya tidak sesuai dengan segmentasi pasar mereka. Misalnya, tidak mungkin menggunakan jasa seorang traveller untuk mempromosikan laptop canggih keluaran terbaru. Pengikut influencer tersebut sudah pasti seorang yang senang berpetualang dan kurang tertarik dengan info teknologi.

Influencer harus bisa menyajikan data pengikutnya. Caranya bisa dilakukan dengan menampilkan demografi pengikut berdasarkan usia dan gender yang disediakan oleh Instagram. Lalu, tampilkan juga interaksi antara influencer dan pengikutnya. Sebab, interaksi tersebut juga bisa memengaruhi aktivitas endorse, lho!

Konten

Influencer tidak bisa sembarangan mengunggah konten iklan karena unggahan tersebut pasti bakalan sepi pengunjung. Nah, ini penting banget untuk disiapkan oleh para influencer. Kamu bisa lihat Chandra Liaow atau Gadget in, mereka content creator yang selalu mengeksekusi konten iklan dengan apik sehingga penontonnya tertarik menonton konten iklan.

Jadi, kamu harus bisa memberikan gambaran konten iklan yang akan diunggah, seperti konsep foto atau video, kapan akan tayang, bagiamana copywriter di kolom caption, dan media sosial apa yang akan digunakan.

Berikan testimonial

Jangan lupa untuk mengumpulkan testimoni asli dari para brand yang sudah pernah bekerja sama. Meski bisa dipalsukan, testimoni masih menjadi salah satu kunci keberhasilan hubungan usaha.

Jangan sekali-kali berpikiran untuk memalsukan testimoni karena para pemilik brand saat ini cerdas. Mereka bisa melakukan riset mendalam terhadap reputasi influencer dan kebenaran testimonial tersebut jika terlihat ganjil.

Sertakan informasi kontak yang jelas

Jangan pernah lupa untuk menyertakan informasi yang jelas, seperti informasi nomor kontak, nomor rekening, hingga alamat kantor jika memiliki kantor tetap.

kaum rebahan

Tidak Disadari, Tanda-tanda Ini Membuat Kamu Menjadi Kaum Rebahan

jerawat punggung

Say Good Bye Buat Jerawat Punggung