in ,

Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Berpuasa Agar Tidak Mudah Lemas

tubuh bugar, semangat berpuasa pun menjadi meningkat

nutrisi selama berpuasa
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selama bulan puasa tubuh harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa dengan kondisi tidak bisa mengonsumsi makan dan minum pada siang hari. Pada saat itu tubuh harus dipenuhi terlebih dahulu kebutuhan nutrisi selama berpuasa pada saat sahur dan berbuka. Oleh karena itu, penting mengonsumsi makanan bergizi selama bulan puasa agar tubuh kamu tidak lemas.

Jika tubuh sudah lemas, untuk melakukan aktivitas apa pun rasanya jadi malas. Kamu hanya ingin berbaring di tempat tidur saja sambil memainkan hape. Padahal, puasa seharusnya bukan menjadi penghalang kamu tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Selain itu, tubuh yang tidak digerakkan selama berpuasa justru tidak baik, kamu harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa, meskipun intensitasnya dikurangi sedikit.

Berikut ini beberapa tips untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa agar tubuh kamu tidak lemas selama berpuasa.

Konsumsi buah dan sayur

Jika dahulu buah hanya dijadikan menu sampingan pelengkap menu utama, saat ini anggapan tersebut sudah seharusnya diganti. Hal ini karena banyak nutrisi yang bisa dipenuhi dari buah. Buah mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, terlebih selama berpuasa. Selain buah, sayur juga amat penting untuk memenuhi kebutuhan serat kamu. Pastikan dalam menu buka puasa dan sahur ada buah dan sayur, ya!

Konsumsi vitamin tambahan

Berpuasa di tengah kondisi pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan tersendiri, kamu harus membentengi tubuh dengan daya tahan yang kuat. Memperkuat daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin tambahan seperti vitamin C atau suplemen vitamin lainnya. Namun, jangan lupa dengan buah dan sayur yang mengandung vitamin alami.

Konsumsi air mineral sesuai anjuran

Salah satu masalah yang kerap dihadapi orang berpuasa adalah dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan mereka lebih tertarik mengonsumsi es buah atau minuman berasa lainnya saat berbuka atau sahur. Tidak mengapa jika kamu ingin mengonsumsi menu tersebut, tetapi mengonsumsi air putih sesuai standar anjuran sebanyak 8 gelas per hari harus tetap dijaga untuk menghindari dehidrasi serta memperlancar sistem pencernaan selama berpuasa.

belajar tajwid

Tips Jitu Belajar Tajwid dengan Cara yang Mudah

video call whatsapp

Video Call WhatsApp Sudah Bisa Dilakukan Bersama 8 Orang