in

Tips Memilih Raket Badminton, Pilih yang Seperti Ini

Pilih yang paling nyaman digunakan, begini caranya

raket badminton
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Memilih raket badminton tidak bisa sembarangan. Jika kamu hendak menekuni olahraga ini atau sekadar bersenang-senang, ada beberapa kriteria memilih raket badminton yang harus kamu perhatikan. Berikut ini kriteria-kriteria dimaksud.

Berat raket

Berat raket ini ditandai dengan huruf U yang terdapat pada raket. Semakin banyak nilai U yang terdapat para raket, raket tersebut akan semakin ringan. Kategori raket berdasarkan tanda U sebagai berikut.

  • U= 95—99 gram
  • 2U= 90—94 gram
  • 3U= 85—89 gram
  • 4U= 80—84 gram
  • 5U= 75—79 gram

Titik kesetimbangan

Masing-masing raket memiliki titik kesetimbangan yang berbeda yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Cara mencari tahu titik kesetimbangan yang tepat adalah dengan menghadapkan jari telunjuk ke atas. Letakkan batang raket di atas jari telunjuk dan geser secara perlahan hingga seimbang.

Jika jari telunjukmu lebih dekat dengan kepala raket, kamu lebih tepat memilih raket jenis power. Sementara, jika jari telunjukmu dekat dengan pegangan raket, sebaiknya pilih raket jenis control.

Kelenturan raket

Dilihat dari kelenturannya, raket bisa dibedakan menjadi raket yang lentur dan yang kaku. Raket lentur memiliki pantulan yang bagus sehingga cocok untuk melakukan smash. Sementara, raket kaku sangat baik digunakan pada saat serangan cepat.

Kalau kamu masih pemula, sebaiknya pilih jenis raket lentur yang memiliki pantulan baik. Raket kaku memerlukan ayunan yang kuat dan aksi yang cepat.

Pegangan tangan

Material pegangan tangan atau handgrip menentukan kenyamanan saat menggunakan raket ini. Mulai dari karet hingga handuk, bahan-bahan tersebut dilapiskan untuk menambah kenyamanan penggunanya. Handgrip dari handuk memang nyaman, tapi mudah rusak. Sementara, handgrip dari karet lebih fleksibel dan tidak licin. Carilah raket dengan pegangan yang nyaman saat kamu pegang.

Bentuk kepala raket

Ada dua jenis kepala raket atau yang biasa disebut frame ini. Pertama, bentuk kepala raket oval biasa dan yang kedua bentuknya mendekati bentuk persegi atau disebut raket frame isometric. Jenis yang kedua ini memiliki bantalan senar yang lebih luas sehingga bisa menciptakan smash yang lebih baik.

manfaat berenang

Manfaat Berenang yang Harus Kamu Tahu

bika ambon

Alasan Penamaan Bika Ambon dari Medan