in

Tips Memilih Sepeda agar Tidak Salah Beli

Olahraga dengan senang dan tenang dengan sepeda yang tepat

Memilih sepeda
Foto: freepik

Ngobrolin.idMemilih sepeda bagi pemula merupakan hal yang membingungkan. Walaupun hampir seluruh sepeda memiliki dua ban, satu setang, dan satu rangka badan, nyatanya memilih sepeda hampir sama rumitnya seperti memilih pasangan. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan.

Jenis sepeda

Jenis sepeda berbeda-beda tergantung fungsi dari sepeda itu sendiri. Ada sepeda yang digunakan untuk berkendara di perkotaan, tentu berbeda dengan sepeda yang digunakan untuk berkendara di wilayah pegunungan. Begitu pula dengan sepeda balap pasti berbeda dengan sepeda BMX yang digunakan untuk atraksi.

Periksa budget

Harga sepeda sangat dipengaruhi oleh jenis dan kualitas bahan pembuatnya. Cek kembali budget yang kamu siapkan untuk membeli sepeda. Jika kamu ingin membeli sepeda dengan kualitas baik, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Begitu pula jika ingin membeli sepeda yang multifungsi seperti sepeda lipat atau sepeda listrik, harganya pasti lebih mahal daripada sepeda anak-anak roda tiga.

Pertimbangkan komponen

Sepeda yang baik terdiri atas banyak komponen yang bisa diperbaiki jika terjadi kerusakan. Komponen sepeda pun bisa kamu sesuaikan kembali dengan kebutuhan. Misalnya, ada sepeda yang memiliki rem cakram. Namun, jika kamu ingin sepeda fixie, rem tidak termasuk komponen. Kamu harus mengerem sepeda ini dengan menghentikan kayuhan dan mengayuh pedalnya secara terbalik.

Pilih bahan dan merek

Merek sepeda memengaruhi jenis bahan pembuatnya. Meskipun demikian, merek yang bagus tidak menjamin bahan yang digunakan pasti bagus. Sebaiknya, cek ulang ketika hendak membeli sepeda. Cari yang memiliki rangka kuat dan bahan yang awet dan tidak mudah rusak.

Cari tahu gaya bersepeda

Ada beberapa gaya dalam bersepeda yang bisa dicocokkan dengan jenis sepeda yang akan kamu pilih. Gaya bersepeda yang membuatmu nyaman juga akan memengaruhi pilihan ban, ukuran ban, jenis setang, hingga bentuk bantalan. Pastikan kamu mencoba sepeda yang akan kamu beli terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu bisa merasakan kenyamanan berkendara langsung dengan sepeda tersebut.

Banyak bertanya

Bertanya kepada pemilik sepeda yang lebih dulu menggemari kegiatan bersepeda tidak ada salahnya. Beberapa orang bahkan tergabung ke dalam komunitas bersepeda untuk menunjang hobi mereka. Kamu bisa bertanya kepada ahlinya langsung, lho.

jenis sepeda

Sepeda Bukan Sembarang Sepeda, Ini Jenisnya

asinan bogor

Kunjungi 6 Depot Asinan Bogor di Kota Hujan