in ,

Tips Memperbaiki Kondisi Keuangan

caranya gak sulit, cuma butuh waktu dan kesabaran

memperbaiki kondisi keuangan
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Kondisi keuangan yang tidak baik bisa menjadi bencana di kemudian hari. Buat kamu yang masih saja tekor hingga saat ini, sebaiknya segera perbaiki kondisi keuangan agar bisa mengatasi beberapa permasalahan yang bisa saja terjadi di masa depan. Memperbaiki kondisi keuangan tidak bisa langsung instan, kamu harus melakukannya dengan penuh kesabaran dan komitmen.

Buat kamu yang masih bingung cara memperbaiki kondisi keuangan yang kurang baik, berikut ini Tim Ngobrolin punya rekomendasi caranya, simak ulasannya.

Catat semua pengeluaran dan pemasukan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin memperbaiki kondisi keuangan adalah mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran, termasuk utang dan cicilan yang masih ditanggung. Dengan mencatatnya, kamu bisa tahu kondisi keuangan saat itu, apakah pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, atau sebaliknya.

Ubah anggaran yang masih bisa diefisiensikan

Kalau kondisi keuangan kamu lebih besar pengeluaran karena masih ada tanggungan utang, coba pilih beberapa anggaran yang bisa diefisiensikan, misalnya biaya makan. Kamu bisa mengubah sementara biaya makan dengan mengganti menu makanan dengan harga yang lebih murah. Kondisi ini tidak akan berlangsung lama, hanya sampai kondisi keuangan sudah membaik. Lagi pula, setelah membaik, pasti nanti kamu akan terbiasa dengan menu makan yang sudah dilakukan saat berhemat.

Siapkan dana darurat

Seberapa pun besar pengeluaran kamu, sebaiknya siapkan dana darurat alias menabung agar bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, misalnya sakit. Dengan menabung dana darurat, kamu akan diajarkan untuk bersabar untuk tidak mengikuti nafsu.

Belajar dari yang ahli

Tentunya ada banyak cara untuk mengatur kondisi keuangan. Kamu bisa mencari inspirasi tentang cara mengatur keuangan dengan membaca atau menonton video tentang edukasi keuangan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui lebih luas lagi tentang cara mengolah keuangan pribadi.

Investasi

Jika utang dan dana darurat sudah bisa kamu penuhi, ini saatnya untuk mulai berinvestasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih, sebaiknya pelajari terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Investasi cukup penting untuk masa depan kamu. Hal ini karena harga barang akan selalu mengalami kenaikan.

Luruskan niat

Semua tips di atas bisa berjalan apabila niat kamu sudah bulat. Niatkan semua yang kamu lakukan saat ini adalah untuk memperbaiki masa depan yang akan datang.

 

minuman kekinian murah

Top 3 Produk Minuman Kekinian Murah yang Menjamur di 2020

tanaman hias pembersih udara

Tanaman Hias Indoor yang Bagus sebagai Pembersih Udara