in , ,

Tips Mencegah Anak Stres Akibat Pembelajaran Jarak Jauh

jangan sampai mengabaikan anak yang sedang jenuh dengan PJJ

pembelajaran jarak jauh
foto: pixabay

Ngobrolin.idPembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sedang diterapkan oleh Indonesia di tengah pandemi ternyata memiliki banyak kendala. Kendala-kendala tersebut membuat banyak pihak yang merasa tertekan hingga stres. Salah satu pihak yang merasakan dampaknya langsung adalah siswa. Ada siswa yang sudah mulai merasa stres akibat PJJ, bahkan banyak kasus yang sudah naik ke media pemberitaan.

Jangan sampai ada kasus lain yang disebabkan oleh siswa merasa stres belajar dengan sistem PJJ. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan pada siswa agar terhindar dari stres akibat PJJ.

Bangun komunikasi yang baik antara orangtua dan pihak sekolah

Peran orangtua dan sekolah sangat penting untuk mencegah anak merasa tertekan akibat metode PJJ. Dengan adanya komunikasi yang baik antara orangtua dan pihak sekolah, orangtua akan mengetahui lebih dalam mengenai sistem PJJ yang sedang dilakukan oleh sang anak. Dengan begitu, orangtua dapat memberikan solusi positif kepada anak ketika menghadapi kesulitan.

Komunikasi yang baik dapat membantu orangtua untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.

Atasi jenuh dengan cara yang tepat

Belajar di rumah juga dapat membuat anak merasa jenuh. Rasa jenuh tersebut bisa diatasi dengan mengubah metode belajar, melakukan pendekatan dengan anak, dan melakukan evaluasi hasil belajar setiap akhir sesi. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui perkembangan anak serta kendala yang dihadapi pada hari tersebut.

Melalui evaluasi tersebut, anak dan orangtua bisa belajar untuk saling terbuka. Dorong anak untuk menceritakan kesulitan yang sedang dihadapinya. Terkadang, ada anak yang tidak mau menceritakan kesulitannya dan hanya dipendam sendiri.

Atur waktu dengan baik

Mungkin hingga saat ini masih banyak orangtua yang kesulitan mengatur waktu sehingga mereka kelimpungan ketika harus mendampingi anaknya belajar. Si anak akhirnya merasa sendiri ketika harus menanggung beban PJJ yang cukup berat. Oleh karena itu, pengaturan waktu yang baik antara anak dan orangtua sangat dibutuhkan.

Setidaknya, siapkan waktu selama beberapa jam untuk menemani anak belajar atau mengevaluasi dan mendengarkan keluh kesah selama PJJ.

Gunakan waktu refreshing dengan baik

Salah satu yang dikeluhkan oleh pelaku PJJ adalah tugas yang sangat menumpuk. Oleh karena itu, pergunakan waktu untuk refreshing sebaik-baiknya. Usahakan untuk tidak mengerjakan tugas ketika sedang refreshing.

peninsula

Sinopsis Peninsula, Ketika Korea Sudah Berubah Menjadi Kota Zombie

burger king

Pesan Tersembunyi dari Ajakan Burger King Membeli Makanan di McD