in

Tips Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

mengatasi morning sickness
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Mual dan muntah merupakan gejala kehamilan yang sangat wajar diderita oleh ibu hamil. Umumnya, gejala akan muncul saat trimester pertama kehamilan. Gelaja ini sering juga disebut sebagai morning sickness. Moms, sudah tahukah tips mengatasi morning sickness yang efektif?

Sangat umum terjadi pada ibu hamil, gejala ini tidak membahayakan ibu dan janin sama sekali. Hanya saja, jika merasakan mual dan muntah terus-terusan dan semakin parah, sebaiknya Moms segera menghubungi dokter.

Meskipun namanya morning sickness, kenyataannya gejala ini nggak cuma terjadi di pagi hari, lho. Kali ini, Ngobrolin.id akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi morning sickness. Jika Moms menerapkan, semoga bisa mengurangi gejala mual dan muntah.

Hindari makan makanan yang beraroma kuat dan pedas. Bawang dan cabai sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak terlebih dahulu. Makanan dengan aroma yang kuat bisa memicu indra penciuman Moms jadi lebih sensitif, lho.

Pilih makanan dengan kandungan tinggi karbohidrat dan rendah lemak. Makanan tersebut punya risiko yang lebih rendah untuk menyebabkan mual dan ingin muntah.

Minum secukupnya juga perlu lho Moms. Apalagi kalau Moms masih sering merasakan mual dan muntah. Minum air dapat membantu menyeimbangkan kembali kadar cairan tubuh yang hilang. Minum yang cukup juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Sementara itu, hindari juga minum minuman yang memiliki aroma kuat dan memicu gejala morning sickness ya. Konsumsi minuman yang mengandung jahe bila Moms suka. Jahe bisa membantu meredakan mual. Selain itu, jahe juga aman bagi ibu hamil dan janin.

Makan dalam porsi kecil juga bisa membantu mengurangi gejala mual dan ingin muntah. Jika masih terasa lapar, solusinya adalah dengan mengonsumsi makanan dalam selang waktu yang sebentar. Tak perlu dipaksakan untuk makan rutin tiga kali sehari, lakukan dalam waktu berkali-kali saja tidak masalah.

Gunakan pakaian yang nyaman untuk aktivitas sehari-hari. Hindari menggunakan pakaian yang ketat, terutama di area pinggang. Hal ini karena pakaian tersebut bisa menekan perut dan membuat Moms semakin tidak nyaman.

Alihkan pikiran agar tidak terus-terusan memikirkan morning sickness. Karena semakin dipikirkan, perasaan itu akan semakin terasa. Bukannya berkurang, malah keinginan untuk muntah semakin besar dan perasaan mual semakin kuat.

Bila dirasa sudah sangat parah, Moms bisa mulai mengonsumsi obat antimual, lho. Usahakan berkonsultasi dengan dokter, ya.

Terakhir, lakukan istirahat yang cukup. Jika terasa mual sangat bangun tidur, bangunlah secara perlahan.

wisata mistis di kota Medan

Spot Wisata yang Ternyata Mistis di Kota Medan

anak marah

Lakukan Ini Saat Anak Marah