in

Tips Mengatasi Rasa Lesu dan Lemas Saat Puasa

tips mengatasi rasa lesu dan lemas saat puasa
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Selain merupakan kewajiban, puasa di bulan Ramadan memiliki manfaat untuk kesehatan karena berpuasa dianggap sebagai cara mendetoksifikasi tubuh, lho. Namun, rasa lesu dan lemas kerap terjadi ketika kamu menjalani puasa. Hal tersebut mengakibatkan performa kerja jadi tidak maksimal. Untuk mengatasinya, yuk intip tips mengatasi rasa lesu dan lemas saat puasa berikut ini.

  1. Pastikan kadar air untuk tubuhmu tercukupi

Berkurangnya kadar air dalam tubuh bisa menjadi faktor utama kenapa kamu merasa lemas saat puasa. Jangan sampai kamu dehidrasi, ya. Saat sahur minumlah 2 gelas air, begitu pula saat berbuka puasa, dan 4 gelas lain di waktu malam setelah waktu berbuka. Selain air, sumber air bagi tubuh bisa kamu dapatkan dari buah-buahan atau yogurt.

  1. Jangan kalap saat sahur dan buka puasa

Kadang saat sahur kamu sengaja makan banyak agar kuat seharian puasa, dan tiba saat berbuka kamu ingin ‘balas dendam’ karena seharian menahan diri. Nah, kamu juga disarankan untuk tidak melakukan itu. Makanan yang berbahan dasar tepung dan kadar gula tinggi akan membuatmu cepat lelah. Jadi, makanlah secukupnya dan pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

  1. Olahraga ringan

Puasa kok malah berolahraga? Tak perlu olahraga berat, kok! Melakukan olahraga ringan seperti sit-up dan olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah membuatmu semakin bertenaga saat beraktivitas meski sedang berpuasa. Idealnya durasi total olahraga dalam seminggu adalah 2,5 jam. Tapi, jika kamu baru mulai, kamu tak perlu langsung memenuhinya, mulailah sehari melakukan 10 menit olahraga ringan. It’s better than nothing!

  1. Jam tidur yang teratur

Memiliki waktu tidur yang cukup merupakan kunci dari kondisi badan yang bugar. Buatlah jadwal yang ideal saat kamu harus sahur selama bulan Ramadan, dan pastikan kamu memasang alarm, ya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar memiliki waktu tidur yang berkualitas. Mulai dari mandi air hangat sebelum tidur, tidak makan 2 jam sebelum tidur, hindari rokok, kafein dan alkohol, hingga menjauhkan diri dari gawai saat kamu sudah berbaring.

Manfaat makan apel

5 Manfaat Makan Apel Setiap Hari Buat Mempercantik Diri

cincin tunangan

Unik! Cincin Tunangan Ini Terbuat dari Rambut Asli