in

Tips Menggunakan Clay Mask, Jangan Sampai Salah

Kulit terasa lebih halus dan mulus dengan penggunaan clay mask dengan benar

tips menggunakan clay mask
Foto: freepik

Ngobrolin.id Clay mask atau masker yang berbentuk seperti clay umum digunakan untuk mencerahkan kulit wajah hingga mengangkat kotoran pada wajah. Tak banyak yang tahu, ada tips menggunakan clay mask yang sebaiknya tidak dilewatkan, lho. Penggunaan yang maksimal bisa membantu mendapatkan hasil terbaik.

Clay mask sendiri ada banyak jenisnya. Pilihlah jenis clay mask sesuai kebutuhan kulitmu. Ada clay mask yang berfungsi untuk meratakan rona wajah dan tekstur kulit. Ada clay mask yang berfungsi sebagai deep cleanser untuk mengangkat kotoran di dalam pori-pori.

Jika permasalahan kulitmu berbeda di beberapa bagian, kamu bisa melakukan combine pada jenis clay mask yang kamu gunakan. Misalnya di bagian hidung dan pipi kamu menggunakan clay mask untuk membersihkan pori-pori sementara di dahi untuk memperbaiki tekstur kulit.

Selain jenisnya, fungsi clay mask juga akan lebih maksimal jika kamu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka untuk menghilangkan kotoran, make up remover, dan sebum.

Pengaplikasian clay mask sebaiknya menggunakan spatula atau brush. Jangan lupa bersihkan brush atau spatula yang akan digunakan. Oleskan secara merata ke bagian yang akan kamu beri clay mask di wajah kamu.

Clay mask akan menempel pada wajah dan mengering jika dibiarkan selama beberapa saat. Sebaiknya, jangan menggunakan clay mask terlalu lama. Baca kembali aturan pakai yang direkomendasikan pada kemasan clay mask.

Penggunaan clay mask melebihi waktu yang dianjurkan justru bisa menyebabkan kulit wajah terasa kering. Tak hanya itu, akibat lain yang bisa ditimbulkan adalah munculnya iritasi karena kulit terlalu kering. Solusinya, kamu bisa membilas clay mask sebelum teksturnya berubah menjadi mudah pecah-pecah.

Karena menyerap minyak berlebih, clay mask umumnya menimbulkan sensasi kering pada wajah. Segera aplikasikan toner dan moisturizer pada wajah untuk mengembalikan kelembapan yang hilang pada wajah. Cara ini dilakukan untuk mencegah kembalinya produksi minyak kembali setelah penggunaan clay mask.

Terakhir, tips menggunakan clay mask yang harus kamu perhatikan adalah waktu pengaplikasian. Sama seperti skin care lainnya, penggunaan clay mask juga sebaiknya dilakukan secara rutin. Aplikasikan clay mask pada wajah sebanyak 1—2 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

Studio Lokananta

Ulik Ulang Lokananta, Studio Bersejarah di Surakarta

fakta PewDiePie

Menikah, Simak Fakta Lainnya Seputar PewDiePie