in

Tips Menghadapi Hari Pertama Bagi Karyawan Baru

Hayo persiapkan diri kamu di hari pertama

karyawan baru
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Hari pertama di kantor sebagai karyawan baru rasanya pasti bikin deg-degan, apalagi kalau hari itu adalah hari pertama kalinya kamu masuk ke dunia kerja. Satu hal yang pasti, kamu harus bisa membuat first impression yang baik bagi atasan, teman kantor, dan tanggung jawab pekerjaanmu. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu sebagai karyawan baru untuk menghadapi hari pertama di kantor.

Datang tepat waktu, jangan telat!

Salah satu penilaian yang paling mudah digunakan oleh orang kantor untuk menilai seberapa disiplin kamu adalah jam kehadiran kamu di kantor pada hari pertama. Akan lebih baik jika kamu datang lebih awal untuk mempersiapkan diri kamu menghadapi lingkungan baru.

Terkadang, jika orientasi kerja yang dibuka besar-besaran, kamu bisa mendapatkan beberapa teman karyawan baru juga. Di waktu kosong sebelum masuk tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk berkenalan.

Riset terlebih dahulu tentang perusahaan

Selain datang lebih cepat, lakukan riset lebih jauh mengenai perusahaan dan bagaimana sistem kerjanya. Setiap kantor memiliki caranya masing-masing dalam menerima karyawan baru. Ada kantor yang tidak langsung memberimu pekerjaan dalam jumlah normal. Ada pula kantor yang langsung memberikan tugas dalam jumah normal. Kamu bisa mencari info dari rekan kerja yang sudah dikenal atau mencari review dari internet.

Tunjukkan rasa bersemangat kerja yang tinggi

Hal yang paling diharapkan dari para karyawan adalah semangat kerja yang tinggi untuk menuntaskan seluruh pekerjaan. Hal itu termasuk untuk karyawan baru. Sebelum menghadapi hari pertama masuk kantor, sebaiknya buat diri kamu nyaman dulu atau mencari berbagai motivasi yang membuat diri kamu makin bersemangat di hari pertama.

Ramah kepada setiap orang

Saat ramah, kamu juga akan membuka kesempatan untuk mendapatkan teman dari rekan kerja. Sebaiknya, kamu harus bisa ramah kepada siapa pun, baik rekan kerja, atasan, karyawan lama maupun office boy. Senyum ramah dan bersfiat sopanlah selama di kantor.

Jangan malu untuk mulai berkomunikasi, meskipun memang di hari pertama obrolan tidak akan terjadi secara mendalam. Namun, setidaknya ciptakan first impression yang baik di mata orang kantor.

Cari info lebih jelas ritme bekerja yang harus kamu lakukan

Pada hari pertama kamu akan mendapatkan informasi apa saja yang harus kamu lakukan dan seberapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas. Kamu harus mendapatkan informasi tersebut dengan lengkap dan jelas.

 

travelling ke pahawang

Tips Travelling ke Pahawang, Hidden Place yang Sudah Terkenal

gaji cepat habis

4 Hal yang Tidak Disadari Bikin Gaji Cepat Habis