in

Tips Menghadapi Tes Verbal Sinonim Antonim

tes sinonim antonim
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tes verbal selalu menjadi bagian dalam tes potensi akademik (TPA) saat kamu ingin masuk kampus atau kerja. Tes verbal bertujuan menguji kemampuan berbahasa karena kemampuan bahasa sangat penting untuk menunjang profesi dan background pendidikan. Salah satu rangkaian tes verbal adalah tes sinonim dan antonim.

Sinonim berasal dari bahasa Yunani Kuno, yakni syn ‘dengan’ dan onomo ‘nama’. Secara harfiah sinonim berarti nama untuk benda yang sama. Sementara itu, antomin juga berasal dari bahasa Yunani Kuno, yakni anti ‘melawan’ dan onomo ‘nama’. Dengan kata lain, antonim merupakan kata yang memiliki makna berlawanan.

Tes sinonim dan antonim sudah sangat sering dijumpai, tapi masih banyak yang belum paham trik yang benar saat menghadapi tes ini. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat mempermudah pengerjaan soal tes verbal.

Rajin baca koran

Umumnya, kata-kata yang digunakan dalam tes merupakan kata yang sering dimuat di dalam koran. Oleh karena itu, kalau kamu mau tes ini berjalan lancar, sebaiknya mulai biasakan membaca koran dan mencari arti dari kata yang menurut kamu asing. Tes sinonim antonim memang tidak bisa kamu siapkan dalam kurun waktu mendadak.

Jangan pernah menghafalkannya

Hindari menghafal tiap kata. Hafalan kamu pasti lebih mudah menguap begitu saja. Sebaiknya, lekatkan kata pada suatu kalimat, seperti algoritme pemrograman. Algoritme sendiri merupakan prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas atau urutan logis pengambilan. Dengan begitu, kamu bisa mencari jawaban yang dirasa lebih tepat disandingkan dengan kata pemrograman.

Kata serapan

Kalau kamu menemukan kata serapan dari bahasa Inggris, Sansekerta, dan lain-lain, coba kembalikan kata tersebut ke dalam bahasa aslinya, kemudian artikan. Misalkan, kata ‘aliansi’ berasal dari ‘alliance’ yang artinya persekutuan.

Jangan terjebak dengan bunyi kata yang sama

Sebagian besar jawaban yang memiliki bunyi hampir sama dengan soal merupakan jebakan, meskipun sebenarnya tidak selalu salah.

Gunakan waktu secepat mungkin

Gunakan waktu secepat mungkin untuk mengerjakan tes ini. Tes sinonim antonim sebaiknya dikerjakan dalam waktu 20 detik per soal agar kamu bisa mengerjakan soal tes yang lain. Kalau kamu sudah tidak tahu sama sekali arti kata yang dipertanyakan, sebaiknya asal pilih saja. Sebab, percuma saja jika otak kamu dipaksa memikirkan arti dari satu kata yang sudah jelas-jelas kamu tidak tahu.

memasuki umur 20 tahun

Ketakutan yang Sering Dialami Saat Memasuki Umur 20 Tahun

lalrangan pakai sunscreen

Mulai Banyak Pantai yang Menerbitkan Larangan Pakai Sunscreen, Kenapa Ya?