in

Tips Menghemat Paket Data Saat Traveling

Bisa sering jalan-jalan tanpa takut jebol di paket data

tips menghemat paket data
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Jalan-jalan ke luar negeri mengandung godaan untuk terus meng-up date kegiatanmu di media sosial. Sayangnya, tarif internet roaming tidak semurah paket data lokal di Indonesia. Jika tak ingin kantong jebol saat berwisata ke mancanegara, sebaiknya perhatikan tips menghemat paket data berikut.

Beli kartu lokal

Penting untuk membeli kartu lokal negara yang kamu tuju. Apalagi jika kamu akan berkunjung dalam jangka waktu yang cukup lama, membeli kartu lokal adalah sebuah keharusan. Beli SIM pre-paid untuk memudahkanmu memperkirakan dana yang akan dipakai. Hari gini, gampang banget buat nyari kartu lokal ini. Salah satunya bisa kamu temukan di outlet yang ada di bandara.

Manfaatkan wifi

Nyalakan ‘radar’ pencari wifi-mu. Sebab, mengaktifkan wifi untuk ‘bahan bakar’ internet ponselmu akan sangat membantu untuk menghemat paket data saat travelling. Namun, jangan lupa tetap waspada karena fasilitas internet yang diakses melalui wifi publik dapat melacak password berbagai akunmu, mulai dari sosial media sampai m-banking.

Gali berbagai penawaran menarik

Tanpa perlu berganti nomor, kamu sebenarnya masih bisa menggunakan nomor ponsel Indonesia milikmu. Coba periksa lagi layanan seluler yang kamu gunakan apakah sedang memberikan penawaran terbaik tentang paket data. Misalnya, memberikan promosi paket roaming. Cek SMS dari operator seluler lokal yang bekerja sama dengan operator Indonesia sesampainya di negara tujuan.

Pilih browser hemat

Nggak kalah penting untuk memastikan browser yang kamu gunakan dapat menghemat paket data milikmu. Dari beberapa browser, bandingkan dan pilih yang memakan paling sedikit paket data. Salah satu browser andalan para traveler adalah Opera Mini.

Cek ulang sinkronisasi

Salah satu sumber kebocoran data adalah sinkronisasi otomatis yang ada di ponselmu. Sebagai langkah pencegahan, periksa kembali ponselmu terutama di pengaturan hal ini. Kamu bisa melakukan sinkronisasi otomatis hanya ketika tersambung wifi atau ketika sudah kembali dari liburan.

Minimalisasi data

Pilih ponsel yang dapat digunakan untuk mengompres data sehingga kamu bisa mengecilkan ukuran berbagai data, gambar, hingga video. Jadi, selain menghemat paket data, kamu juga bisa menghemat memori internal ponsel milikmu.

Hindari mengunduh

Melakukan perjalanan untuk traveling sering kali membosankan. Biasanya, orang berlibur akan menghabiskan waktu perjalanan dengan browsing hingga streaming. Aktivitas ini tentu saja memakan banyak paket data. Untuk menghindari hal ini, kamu harus menyimpan seluruh media hiburan yang akan kamu gunakan di dalam ponsel. Jadi, kamu tak perlu lagi streaming dan menghamburkan paket data di luar negeri.

 

 

Mengatur keuangan dengan pasangan

Atur Pengeluaran dengan Pasangan Lewat Langkah Sederhana Ini

acara tahunan di Yogyakarta

Mau Traveling ke Yogya? Coba Datangi Acara Tahunan Ini