in ,

Tips Menghentikan Dengkuran Saat Tidur

Agar tidak berisik dan menganggu orang lain

tips menghentikan dengkuran
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tidur sambil mendengkur merupakan aib bagi sebagian orang. Meskipun bagi beberapa orang hal tersebut adalah wajar dan merupakan tanda tidur yang lelap. Namun, dengkuran saat tidur bisa mengganggu orang lain, lho. Ini tips menghentikan dengkuran saat tidur yang wajib kamu coba jika tak ingin terus-terusan mendengkur.

Ubah posisi

Mengubah posisi bisa mengurangi kemungkinan mendengkur, lho. Posisi tidur yang tidak nyaman bisa menyebabkan seseorang mendengkur saat tertidur. Salah satu posisi yang berkemungkinan paling kecil terjadi dengkuran adalah tidur terlentang.

Kurangi berat badan

Berat badan yang berlebihan juga dapat menyebabkan tidur mendengkur, lho. Orang-orang dengan berat badan yang lebih berat dan tidak ideal memiliki kemungkinan mendengkur yang lebih besar juga. Hal ini karena jaringan lemak bisa mengelilingi dan mempersempit jalan napas. Akibatnya, aliran udara pun terhambat dan terjadilah dengkuran.

Beberapa jenis diet untuk menurunkan berat badan bisa kamu lakukan. Mulai dari diet keto, diet ala militer, diet okinawa, dan lain-lain.

Berhenti merokok

Sudah jadi rahasia umum bila merokok berbahaya bagi tubuh. Selain bisa menyebabkan penyakit kanker paru-paru dan masalah kesehatan lainnya, merokok juga jadi salah satu penyebab seseorang mendengkur saat tidur.

Jika orang tersebut belum bisa menghentikan kebiasaan merokok tersebut, bisa dilakukan dengan mengurangi kuantitas rokok yang dikonsumsi. Merokok lebih dari 2 bungkus per hari memiliki risiko mendengkur saat tidur lebih tinggi.

Hindari obat depresan dan alkohol

Selain rokok, obat depresan dan alkohol juga berperan dalam timbulnya dengkuran saat tidur bagi sebagian orang. Obat depresan yang dimaksud adalah obat penenang yang bertujuan mengendurkan otot. Begitu pula alkohol karena minuman tersebut bisa berperan sebagai antidepresan.

Minum dan istirahat yang cukup

Jumlah air minum yang dikonsumsi setiap orang tiap harinya haruslah mencukupi kebutuhan tubuh. Sekresi di hidung dan langit-langit lunak akan menjadi lengket ketika seseorang mengalami dehidrasi. Akibatnya, seseorang pun lebih rentan mendengkur ketika tertidur jika kekurangan kebutuhan air.

Selain cukup mengonsumsi air, tidur yang cukup juga bisa mengurangi risiko mendengkur. Tidur selama 7 hingga 8 jam sehari baik untuk kebutuhan tubuh.

resep puding buah naga

Resep Puding Buah Naga Merah Menggoda yang Kaya Manfaat

oleh-oleh khas Yogya

10 Oleh-oleh Khas Yogya yang Nggak Boleh Terlupa