in ,

Tips Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Mudah

Mata panda bikin penampilan jadi kurang segar

kantung mata hitam
foto: Pixabay

Ngobrolin — Salah satu permasalahan yang kerap membuat seseorang tidak percaya diri adalah bagian bawah mata yang menghitam. Hal ini sangat wajar terjadi pada beberapa orang. Penyebabnya cukup beragam, tetapi yang paling umum disebabkan oleh pola tidur yang kurang tepat. Kantung mata hitam juga sering disebut sebagai mata panda, kehadirannya bisa menyebabkan seseorang tidak terlihat segar.

Penyebab kantung mata hitam di antaranya penuaan, terlalu sering terpapar sinar matahari, memiliki alergi, anemia, berasal dari faktor keturunan, kebiasaan menggosok mata, merokok, dan masih banyak lagi.

Tenang saja, warna kehitaman di bawah mata masih bisa diatasi dengan perawatan yang bisa dilakukan secara alami. Simak ulasannya di bawah ini!

Perbaiki pola tidur

Mata panda bisa muncul karena pola tidur yang salah sehingga menyebabkan penampilan kamu jadi tidak fresh. Sebaiknya, kurangi begadang dan lakukan tidur malam yang cukup. Saat tidur jangan lupa untuk meninggikan bantal untuk mencegah cairan menggenang di bawah mata. Cairan tersebut bisa menyebabkan mata kamu bengkak dan sembap ketika bangun tidur.

Kompres mata

Kompres mata dengan menggunakan lap bersih yag sudah dibasahi oleh air dingin. Kompres selama beberapa menit sambil diberi tekanan sedikit pada mata. Kamu juga bisa menggunakan teh kantung hijau atau potongan timun untuk mengompres mata. Selain itu, saat ini sudah banyak masker mata yang berbentuk gel jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan masker alami.

Kurangi minuman beralkohol dan kafein

Minuman beralkohol dan berkafein bisa membuat diri kamu mengalami dehidrasi ringan dan mengganggu jam tidur. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kondisi kantung mata yang menghitam.

Konsumsi cairan yang cukup

Cairan berfungsi untuk menghindarkan kamu dari dehidrasi serta mencegah munculnya kantung mata. Kamu juga bisa menghindari dehidrasi dengan mengurangi makanan yang mengandung terlalu banyak garam.

Masker alami

Ada banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan masker mata, seperti tomat, minyak zaitun, minyak kelapa, aloevera, madu, dan teh.

santan pecah

Waspadai Kesalahan Sepele Santan Pecah Saat Memasak

setelah lulus kuliah

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah Selain Bekerja