in

Tips Mengobati Sariawan Secara Alami Supaya Cepat Sembuh

Mengobati sariawan
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Sariawan adalah luka kecil dan dangkal yang biasanya muncul pada bagian mulut, seperti bibir, lidah dan gusi. Adanya sariawan ini sangat mengganggu karena akan terasa sangat perih apalagi kalau kita mengunyah sesuatu. Mengobati sariawan bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan cara alami.

Bila sariawan tersebut ringan, kamu bisa menyembuhkannya dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di sekitarmu. Berikut ini ada 5 cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membasmi sariawan yang menyebalkan itu.

1.Berkumur dengan larutan garam

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan berkumur memakai larutan garam. Larutan garam ini terbukti secara ilmiah bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan karena luka di dalam mulut, serta mengurangi kemungkinan infeksi di mulut dan tenggorokan. Kamu bisa menggunakan air garam dicampur dengan ¼ sampai ½ sendok teh garam ke dalam air dan lakukan setiap dua kali sehari.

  1. Madu

Madu juga efektif untuk mencegah infeksi dan membantu penyembuhan luka akibat sariawan. Kamu bisa mengoleskan madu sebanyak 4 kali sehari pada luka sariawan.

  1. Minyak kelapa

Selain madu, minyak kelapa juga ampuh menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, serta mengurangi kemerahan dan nyeri sariawan. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian sariawan.

  1. Kompres dengan es batu

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat sariawan, kamu bisa memakai es batu. Caranya, bungkus es batu dengan kain lembut, lalu tempelkan pada bagian yang sariawan.

  1. Kantong teh bekas

Jangan buru-buru membuang kantong teh bekas, ya. Kantong teh bisa berfungsi untuk menetralisir lingkungan mulut yang asam supaya tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan. Selain itu, daun teh bisa melawan infeksi dan peradangan yang disebabkan oleh sariawan. Caranya, tempelkan kantong teh celup bekas selama kira-kira lima menit pada bagian sariawan.

memantau anak saat bekerja

Pantau Anak Saat Kerja, Begini Caranya

warna lipstik favorit

Warna Lipstik Favorit Bisa Menentukan Kepribadian