in ,

Tips Meningkatkan Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

meningkatkan kecerdasan emosional
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Peran kecerdasan emosional dalam pekerjaan sangat penting karena saat bicara soal pekerjaan, sering kali dikaitkan dengan peran emosi serta pengaruhnya terhadap kesuksesan kamu. Tapi, bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosional di tempat kerja?

Kecerdasan emosional (emotional intelligence/EI) sendiri diperkenalkan oleh psikolog bernama Peter Salovey dan John Mayer melalui sebuah artikel pada 1990, kemudian populer melalui buku yang ditulis oleh Daniel Goleman dengan judul Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ.

Peran serta emotional intelligence saat ini cukup krusial, utamanya di dunia kerja. Hal ini mengingat EI adalah sebuah batu loncatan agar mempunyai hasil kerja yang maksimal dan berkualitas.

Baik atau tidaknya sebuah hasil pekerjaan nyatanya juga dipengaruhi oleh management emotional intelligence yang dimiliki oleh seorang karyawan. Lalu, apa itu emotional intelligence dan cara meningkatkannya?

Emotional intelligence adalah kemampuan dari seseorang untuk menggunakan, serta memahami tingkat emosi orang lain, baik emosi diri sendiri maupun orang lain yang bertujuan menjaga kesehatan fisik dan juga mental. Seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang bagus cenderung bisa mengontrol emosi mereka, baik saat marah, sedih maupun memahami perasaan orang lain sehingga lebih peka saat mengambil sebuah keputusan.

Kecerdasan emosional yang dikelola dengan baik akan menghasilkan kemampuan akademik yang baik pula. Hal tersebut senada dengan beberapa hasil riset yang mengungkapkan bahwa emotional intelligence jika dikelola dengan baik selama bekerja akan membuat kamu menjadi lebih produktif, serta membuat kesehatan fisik dan mental meningkat.

Nah, pentingnya emotional intelligence di dunia pekerjaan membuat banyak orang ingin meningkatkan kemampuan yang satu ini. Bagaimana caranya?

  1. Perhatian dan sikap peduli

Perhatian dan sikap peduli inilah yang membedakan antara satu orang dan lainnya. Seiring kemajuan teknologi, sering kali kita tak memikirkan orang lain. Bahkan, tak memahami kondisi mental lawan bicara secara langsung. Yang dilihat hanya berdasarkan update di media sosial yang mereka miliki. Namun demikian, kemajuan teknologi saat ini pun dapat menjauhkan orang yang dekat sekaligus mendekatkan orang yang jauh.

  1. Peka terhadap keadaan orang di sekitar

Karena terlalu fokus dengan pekerjaan, sering kali kita kurang peka terhadap keadaan orang di sekitar. Mulai sekarang, cobalah untuk lebih peka terhadap orang-orang di sekitarmu, utamanya orang di kantor kamu, bahkan keluarga.

Kamu juga bisa memulainya dengan menawarkan bantuan jika rekan kerjamu tengah merasa kewalahan saat mengerjakan sesuatu. Dengan begitu, orang tersebut akan merasa terbantu dengan keberadaan kamu.

bika ambon

Alasan Penamaan Bika Ambon dari Medan

tips memakai sheet mask

Tips Memakai Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal