in

Tips Merawat Buku agar Antirayap

Agar buku tetap awet lho guys

tips merawat buku
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Rayap menjadi salah satu musuh terbesar buku. Buku sendiri terbuat dari kertas, yang berbahan dasar kayu. Oleh karena itu, buku sangat rawan menjadi sasaran rayap. Yuk, cari tahu tips merawat buku agar bisa awet dan tahan lama agar tidak diserbu rayap.

Cover is a must!

Sampul buku menjadi perlindungan pertama dari buku-buku yang kamu punya. Memberikan sampul buku tambahan bisa meningkatkan keawetan buku tersebut. Gunakan sampul plastik sehingga sampul asli dari buku tetap terlihat. Dengan memberikan sampul, buku bisa lebih awet karena anti-air dan sampul menjadi lebih kuat.

Simpan di tempat tepat

Gunakan rak buku untuk menyimpan buku-buku koleksi. Rak buku ini pun bentuk dan jenisnya beragam. Kamu bisa memilih berdasarkan kebutuhan. Mulai dari rak buku kayu yang bisa ditempel di dinding kamar hingga rak buku susun untuk dipajang di ruang baca. Apa pun rak buku yang dipilih, yang penting sesuai kebutuhanmu, ya!

Tempat lembap? No!

Jika sudah menentukan rak buku, letakkan rak tersebut di tempat yang tepat. Hindari tempat lembap. Sebab, tempat lembap bisa mengakibatkan buku mudah berjamur dan akhirnya akan dengan mudah dihinggapi rayap.

Gunakan kapur barus

Salah satu cara menjaga kelembapan adalah dengan menggunakan kapur barus. Kapur barus tersebut akan menyerap kelembapan rak atau lemari buku milikmu. Letakkan di bagian bawah sehingga tidak mengganggu posisi buku yang sudah kamu susun. Sekali lagi, cara ini cukup efektif untuk menyingkirkan rayap.

Bersihkan secara rutin

Ritual yang tidak boleh terlupa agar buku milikmu antirayap adalah dengan membersihkannya secara rutin. Kamu harus sering membersihkan rak buku secara berkala, misalnya satu bulan sekali. Begitu pula dengan buku-buku yang kamu miliki pun harus dengan rutin dibersihkan.

Membersihkan rak dan buku sekaligus bisa dilakukan dengan menggunakan lap dan kemonceng. Jika sudah terlalu kotor, gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dan diperas. Lap secara perlahan agar buku tidak sobek.

Beragam tips merawat buku ini bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan menyimpan buku dengan rapi dan bersih, kamu bisa menjauhkan buku dari rayap.

tips berkendara KRL

Tips Berangkat Kerja Menggunakan KRL Bagi Bumil

cara pakai sheet mask

Pancarkan Glowing Kulitmu dengan Sheet Mask