in

Tips Merawat Helm Biar Nggak Bau

merawat helm
Foto: unspalsh

Ngobrolin.id — Helm merupakan barang yang wajib dibawa jika hendak berkendara pakai motor. Tapi, pernah nggak sih, kamu bete gara-gara helm yang mau kamu pakai malah bau dan berjamur? Ternyata, ada caranya, lho, merawat helm biar nggak bau.

Gunakan helm saat kepala kering

Jangan gunakan helm ketika kamu habis keramas atau kepala masih dalam keadaan basah. Hal ini akan menyebabkan jamur yang menyukai tempat lembap akan mudah tumbuh dan menyebabkan helm jadi bau!

Selain tidak baik untuk helm, rambut yang masih basah juga tidak sebaiknya langsung ditutup karena akan menyebabkan gangguan rambut sepert rambut bau dan rambut lepek. Duh, efeknya double gini. Nggak mau, kan?

Bersihkan kaca helm secara rutin

Air hujan memiliki pH yang berbeda dengan air biasa. Oleh karena itu, setelah helmmu terkena air hujan lebih baik segera dilap dan dibersihkan hingga benar-benar kering, ya. Jika tidak, jamur akan mudah tumbuh pada kaca helm.

Bila perlu, bersihkan kaca helm dengan campuran air dan sabun cair. Gosok dengan telapak tangan atau sikat gigi. Setelah itu, bilas dan keringkan.

Pakai balaclava

Balaclava adalah pelindung kepala yang terbuat dari bahan kain. Ia mampu melindungi bagian kepala dan leher, dan tidak menutup bagian muka. Balaclava merupakan solusi apabila kamu sering memakai helm dalam keadaan kepala yang basah atau berkeringat.

Kamu bisa membeli balaclava dengan mudah karena sudah dijual di banyak tempat, termasuk di market place online favoritmu.

Letakkan helm dalam posisi terbalik

Tujuan dari meletakkan helm seperti ini adalah untuk menghilangkan sisa-sisa keringat yang menempel pada busa helm. Sebaiknya, pilih tempat yang tidak terpapar langsung sinar matahari.

Jangan malas cuci busa helm

Baju yang dipakai harus dicuci sebelum digunakan kembali agar bersih. Begitu juga dengan helm. Eits, kamu nggak perlu mencucinya setiap hari kok. Cukup sekitar dua minggu sekali, kamu mencopot dan mencuci busa helm kamu.

Lepas busa helm dengan obeng. Kemudian, rendam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit deterjen. Bilas dan jemur busa. Hindari memeras busa agar tidak mudah rusak.

Semprot parfum

Cara ini tidak perlu kamu lakukan sering-sering. Apalagi hanya untuk menutupi bau apek yang sudah telanjur ada. Solusi instan ini bisa kamu lakukan sesekali dengan menyemprotkan parfum rendah alkohol ke bagian dalam helm. Angin-anginkan sebentar agar ketika kamu memakainya, tidak merasa pusing saking wanginya.

Jika tidak terpaksa, jangan pinjamkan helmmu

Terdengar egois, tapi ini sebaiknya juga kamu lakukan, guys. Jangan sembaragan meminjamkan helm pada orang lain. Kalau kamu sering memboncengkan temanmu, kamu bisa membawa dua helm atau memintanya membawa helm sendiri. Tapi lihat-lihat sikon juga ya, guys. Kalau sudah genting tidak ada salahnya kok meminjamkan helm pada orang lain.

Google Maps Street View

Armada untuk Pembuatan Google Maps Street View

Hujan bulan juni

Hujan Bulan Juni, dari Surat Kabar hingga Layar Lebar