in

Tips Merawat Jas Hujan Biar Awet

merawat jas hujan
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Musim yang tidak menentu mengakibatkan kita harus selalu siap sedia jas hujan di motor. Masalah yang terjadi biasanya, jas hujan seringkali tidak tahan lama. Apalagi, jika kita telanjur memasukkan jas hujan yang masih basah ke bagasi motor, duh, alamat bakal gampang berjamur, tuh. Kira-kira, apa sih yang harus dilakukan untuk merawat jas hujan tetap awet?

Jika jas hujan basah dan kotor, kamu harus bersihkan sesegera mungkin. Gosok jas hujan dengan sikat, bilas dengan air bersih agar kotoran tersapu. Bagian yang rawan kotor adalah celana bagian bawah seperti pada jas hujan berbentuk celana dan jaket. Sementara, pada model jas hujan mantel, periksa pada bagian bawah dan sudut-sudutnya. Bersihkan jika terdapat noda.

Jangan lupa mengeringkan jas hujan sampai benar-benar kering sebelum melipatnya kembali dan menaruhnya ke dalam bagasi motor. Mengeringkan jas hujan dapat dilakukan dengan mengangin-anginkan sampai air benar-benar menguap.

Pentingnya membersihkan jas hujan sebelum dikeringkan adalah untuk menghindari noda yang membandel. Noda saat basah pada jas hujan akan semakin kentara ketika jas hujan sudah dikeringkan. Jadi, kamu jangan malas membersihkannya, ya.

Jika menggosok jas hujan dirasa belum terlalu memberikan hasil maksimal, kamu bisa mencucinya dengan bantuan sabun cuci piring. Hindari penggunaan deterjen karena dapat merusak kualitas bahan jas hujan. Bahan jas hujan yang terbuat dari karet malah lebih gampang dibersihkan, lho, guys.

Hindarkan jas hujan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Mengangin-anginkan jas hujan cukup dilakukan pada ruangan atau teras rumah yang memiliki atap. Tentu saja hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas bahan jas hujan agar tetap awet.

Selain itu, selalu simpan jas hujan jika sedang tidak digunakan. Letakkan di bagasi jok motor dalam keadaan terlipat rapi. Kamu juga bisa membawanya dengan tas khusus jika dirasa jok motormu sudah terlalu penuh berisi barang lain. Menyimpannya harus dalam keadaan rapi ya, guys! Pastikan jas hujan yang kamu simpan jauh dari jangkauan binatang pengerat seperti tikus dan sebagainya. Jika jas hujan telanjur berjamur, kamu bisa mengurangi noda-noda jamur tersebut dengan sitrun atau asam sitrat. Sitrun sangat mudah ditemui di toko bahan makanan dengan harga yang sangat murah. Gunakan saat mencuci jas hujan, ya. Setelah itu, jangan lupa angin-anginkan sampai kering.

asal mula maraton

Asal Mula Maraton, Ikutan Lari Yuk!

resep MPASI

Tiga Resep MPASI untuk si Kecil yang Mudah Dibuat