in

Tips Merawat Mobil Setelah Dipakai Perjalanan Jauh

tips merawat mobil setelah dipakai untuk perjalanan jauh
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Berlibur menggunakan mobil pribadi kini tengah menjadi tren karena lebih fleksibel. Akan tetapi, kamu yang bepergian jauh dengan menggunakan mobil harus senantiasa ingat bahwa kendaraan kesayanganmu juga butuh perawatan. Lantas, adakah tips merawat mobil setelah dipakai untuk perjalanan jauh?

Mengutip Republika, CEO Dokter Mobil, Ricky Sen membagikan beberapa pengetahuannya tentang hal-hal yang harus diperhatikan pada mobil pribadi kamu saat sudah balik mudik, agar tidak mengalami kerusakan yang parah ke depannya.

  1. Penggantian oli

Oli jika mendekati penggantian wajib diganti pada saat jarak tempuh sudah mencapai 5.000 km. Namun, ketika kendaraan yang digunakan untuk mudik tidak perlu harus menunggu mencapai 5.000 km, tetapi ketika jarak yang digunakan hanya mencapai misal 3.000-an km lebih baik diganti.

  1. Air Coolant, bukan air biasa

Penggantiaan pada air coolant tidak disarankan untuk menggunakan air biasa, hal ini karena dalam kondisi mesin panas, titik didih air sangat tinggi dan dikhawatirkan tidak maksimal untuk menjaga suhu. Selain itu, air mineral juga berpotensi menimbulkan karat, termasuk di dalam jalur air untuk mendinginkan mesin.

  1. Perhatikan suhu mobil

Mobil yang terus-menerus dipakai juga bisa mengalami masalah jika dibiarkan hidup terus-menerus. Selain itu, ada banyak kerusakan dalam mobil yang bisa memicu suhu mesin mobil menjadi naik, seperti adanya kerusakan pada anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran dan Thermostat yang bermasalah.

  1. Tune up

Bahan bakar minyak (BBM) yang sudah mengalami proses pencampuran, bisa menyebabkan kerusakan pada mesin dan perfoma kendaraan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya di-tune up selepas balik mudik.

  1. Bersihkan AC mobil

Kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi dan perjalanan yang jauh akan membuat AC pada kendaraan kotor sehingga sirkulasi udara menjadi tidak sehat.

jangan makan pedas sebelum tidur

Jangan Makan Pedas Sebelum Tidur! Ini Alasannya

Nicole Zefanya

Niki, Penyanyi Muda Indonesia yang Sudah Go International