in

Tips Merawat Pakaian Supaya Tahan Lama

merawat pakaian
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Apa kamu memiliki banyak pakaian namun beberapa di antaranya terlihat tak layak pakai? Hal ini wajar terjadi karena pakaian tersebut mungkin lama tak kamu pakai. Akibatnya, pakaian menjadi rusak, entah warnanya yang memudar, bahannya menjadi lusuh, bahkan ada yang robek. Nah, untuk menghindari itu semua, kamu harus merawat pakaian dengan baik.

Bagaimana caranya? Nah, Tim Ngobrolin punya tipsnya nih.

  1. Periksa jahitan

Pakaian yang mahal belum tentu berkualitas. Kamu perlu memeriksa kualitas pakaian, terutama bahan dan jahitan. Balik pakaian dan tarik helaian kain untuk memastikan kekuatan baju. Kamu juga bisa mengintervensi pakaian dengan paparan cahaya. Jika cahaya dapat menembus kain, artinya kain pakaian yang kamu beli kurang berkualitas.

  1. Bahan

Beberapa bahan kain lebih tahan lama dibandingkan bahan yang lainnya. Para ahli menyarankan untuk membeli kain berbahan serat sintetis seperti poliester karena lebih tahan lama dibandingkan katun.

  1. Pencucian

Semakin sering mencuci kain, semakin cepat pula kain lusuh. Saat memakai baju, perhitungkan kembali, apakah baju cukup kotor untuk dicuci. Selain itu, cari pula cara tepat untuk mencuci baju yang kamu miliki. Beda kain, beda pula cara membersihkan.

Dilansir The Guardian, baju dengan kualitas baik seperti wol pada setelan jas, dirancang untuk disikat. Ada banyak cara untuk menyegarkan pakaian tanpa harus mencucinya dalam mesin cuci. Misalnya, kamu bisa cukup membersihkan baju pada bagian-bagian yang bernoda dengan tangan.

  1. Penyimpanan

Simpan pakaian dalam lemari dengan baik. Lipat pakaian dan tumpuk dengan rapi. Beberapa jenis pakaian juga perlu digantung dengan hanger agar tetap terawat. Pastikan lemari atau tempat penyimpanan aman dari kehadiran binatang seperti rayap atau ngengat. Gunakan kapur barus untuk menghalau kedatangan binatang tersebut.

  1. Perbaikan

Jika ada kancing yang copot atau bagian baju robek, jangan cepat-cepat ingin membuangnya.  Kancing yang copot dapat dengan mudah diganti. Sementara, pakaian yang sobek dapat diperbaiki dengan melakukan sejumlah perbaikan seperti menjahit kembali. Bisa juga dilakukan penambalan dengan kain yang serupa.

gangguan tiroid

Cara Deteksi Sendiri Gangguan Tiroid Sejak Dini

mengenal serum wajah

Mengenal Serum Wajah dan Cara Penggunaan yang Benar