in ,

Tips Meredam Amarah ala Muslim

jangan kalah dengan amarah yang sering kali membawa penyesalan

meredam amarah
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Amarah merupakan perasaan negatif yang sangat wajar dirasakan oleh manusia. Perasaan tersebut timbul saat ada sesuatu yang salah bersinggungan dengan kamu dan menimbulkan perasaan tidak suka. Meskipun wajar, kamu tidak bisa serta-merta meluapkan rasa amarah dengan bebas. Akan ada banyak dampak yang akan ditimbulkan dari rasa tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu meredam amarah dengan cara yang baik. Dalam Islam diajarkan banyak cara untuk meredam amarah dengan cara yang benar.

Lebih baik mengambil waktu sebentar untuk meredam amarah daripada harus meluapkan amarah. Setelah sudah lebih tenang, kamu bisa lebih baik untuk menghadapi sesuatu. Berikut ini cara meredam amarah dalam Islam.

Diam

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menahan amarah adalah diam terlebih dahulu. Jika mengeluarkan seluruh argumen saat marah, malah yang ada kata kasar serta cacian yang akan keluar dari kamu. Kata-kata kasar tersebut sangat tidak disukai oleh Allah. Oleh karena itu, cara pertama yang paling ampuh untuk menjaga emosi adalah diam terlebih dahulu untuk menenangkan diri. Dengan diam, tak hanya terhindar dari amarah, kamu pun tidak mengundang dosa dari kata-kata kasar.

Berzikir

Cara kedua lainnya yang ampuh untuk menenangkan kamu saat marah adalah berzikir. Zikir mengandung kalimat-kalimat yang sangat baik dan bahkan kamu bisa mendulang pahala hanya dari berzikir. Daripada berkata-kata kasar yang mengundang dosa, lebih baik kamu mengucap banyak zikir di dalam hati untuk menenangkan hati. Tak hanya saat marah, zikir sangat baik diucapkan setelah shalat.

Kamu bisa membaca keajaiban lainnya saat berzikir pada buku Keajaiban Zikir dan Doa dalam Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat. Buku ini menyingkap makna seribu doa, sejuta harapan, dan cara memohon perlindungan kepada sang Khalik dari tipu daya manusia dan dahsyatnya jeratan setan. Selain itu, dijelaskan pula sumber serta dasar hukum atau alasan syar’i-nya setiap shalat sunnah, zikir, dan doa-doa yang kita baca.

Berwudhu

Rasa marah berasal dari setan dan berwudhu merupakan cara menyucikan diri yang tepat untuk menenangkan diri dari hasutan setan. Cara meredam amarah dengan berwudhu pun tercantum dalam salah satu hadis yang berbunyi:

Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Kerjakan shalat sunnah

Kamu bisa melampiaskan seluruh rasa yang sedang ditahan dengan bercerita langsung kepada Allah SWT yang maha bijaksana. Mintalah jalan keluar dan ketenangan dari-Nya. Sebelum berdoa, kamu bisa melakukan shalat sunnah agar hati semakin lebih tenang.

video call whatsapp

Video Call WhatsApp Sudah Bisa Dilakukan Bersama 8 Orang

harga masker

Harga Masker Kembali Normal, Penimbun Masker Merugi