in , ,

Tips Mudah Membuat Gorengan Menjadi Lebih Sehat

bikin gorengan jadi sehat biar gak merasa berdosa setiap habis memakannya

gorengan sehat
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tidak dipungkiri kalau gorengan memang sangat nikmat apalagi saat masih hangat karena baru selesai digoreng. Tekstur garingnya masih dapet ditambah dengan rasa gorengan yang lezat, nikmat banget! Tapi, seperti yang kamu ketahui, gorengan kurang baik untuk tubuh. Eits tenang saja! Kamu bisa kok makan gorengan tanpa perasaan bersalah. Caranya adalah membuat gorengan sehat sendiri di rumah. Simak ulasannya!

Gunakan minyak yang bagus

Kalimat ‘sehat itu mahal’ memang benar adanya. Kamu harus mulai rela mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk membuat gorengan sehat. Minyak yang bagus untuk menggoreng adalah olive oil, canola oil, dan sesame oil. Ketiga minyak tersebut tidak akan menyebabkan penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga bagus digunakan untuk menggoreng.

Tapi, kalau budgetnya terlalu besar, kamu bisa menggunakan minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Namun, usahakan minyak tersebut adalah minyak baru atau maksimal dua kali pemakaian.

Gunakan suhu yang panas

Sebelum adonan masuk ke wajan, kamu harus pastikan suhu minyak di wajan sudah benar-benar panas sehingga ketika gorengan dimasukkan tidak akan menyerap minyak terlalu banyak. Untuk mengetahui kondisi suhu minyak, kamu bisa meneteskan adonan ke dalam minyak, kalau terdengar suara mendesis, itu artinya minyak sudah cukup panas.

Jangan digoreng terlalu lama

Lama penggorengan juga bisa mempengaruhi kandungan nutrisi makanan, lho! Makanya, ketika makanan sudah terlihat matang, segera angkat dan tiriskan.

Tiriskan minyak sebelum dimakan

Ketika gorengan diangkat, biasanya minyak bekas penggorengan juga ikut terangkat. Nah, minyak-minyak tersebut perlu ditiriskan terlebih dahulu selama beberapa saat. Proses penirisan minyak bisa dibantu dengan tisu khusus yang dapat menyerap minyak. Penirisan gorengan tidak boleh dilakukan hingga berjam-jam dalam keadaan terbuka karena minyak tersebut malah kembali diserap oleh makanan.

Imbangi dengan sayuran

Agar tidak merasa terlalu berdosa, kamu juga bisa menambahkan sayuran atau makan bersama sayuran. Misalnya, gorengan bakwan yang dibuat dari berbagai jenis sayuran seperti wortel, kol, dan daun bawang. Dengan begitu, kamu bisa menambahkan nutrisi lain selain gorengan.

Jangan terlalu sering

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik, begitu pun dengan gorengan. Meskipun sudah diolah dengan cara yang benar, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya. Lagian kalau terlalu sering makan gorengan pasti tingkat kelezatan gorengan akan menurun sehingga kudapan sederhana nan spesial ini sudah tidak akan spesial lagi.

warna lipstik

Pemilihan Warna Lipstik yang Sesuai dengan Warna Kulit

nikah dan kawin

Perbedaan antara Nikah dan Kawin