in

Tips Murah Meriah Belanja di Pasar Tradisional

Belanja hemat bersahabat

tips berbelanja di pasar
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Seringkali, kita malas berbelanja di pasar tradisional karena tidak tahu harga bahan yang akan dibeli dengan pasti. Kita justru takut jika mendapatkan harga tertinggi. Eits, hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu tahu tips berbelanja di pasar tradisional berikut. Terapkan saat berbelanja, ya!

Berangkat pagi buta

Pasar tradisional biasanya sudah buka sejak pagi buta. Saat subuh atau sebelum subuh, barang yang tersedia masih sangat banyak dan beragam karena baru saja diturunkan dari truk pengangkut. Mulai dari sayur, daging sapi, hingga daging ayam biasa diedarkan di malam hari hingga subuh. Tentu saja, kamu bisa membelinya dengan lebih murah terlebih jika berbelanja untuk keperluan rumah makan atau warung.

Gunakan pakaian santai

Tak perlu repot berdandan, berbelanjalah di pasar tradisional dengan pakaian yang sederhana. Dengan demikian, kamu tidak akan terlihat mencolok dan semakin meyakinkan penjual bahwa kamu hanyalah orang pada umumnya yang ingin berbelanja di pasar.

Jangan ragu menawar

Ini, nih, yang nggak boleh ketinggalan saat berbelanja di pasar tradisional. Kamu harus menawar barang dagangan sebelum membelinya. Memang menyebalkan bagi sebagian orang. Tapi, menawar barang yang dijual bisa memberimu harga yang lebih murah, lho.

Mulailah menggunakan jurus, “nggak bisa kurang, bu?” sebagai jurus pertama. Jika kamu tidak ragu, kamu bisa langsung menyebut kisaran harga yang kamu inginkan. Biasanya, penjual akan memberikan harga tandingan.

Eits, tapi menawar pedagang di pasar jangan kelewat sadis, ya. Mereka kan juga butuh uang untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. Selain itu, kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu tentang harga barang yang ingin kamu beli. Mulai dari penjual dagangan serupa di pasar yang sama hingga memanfaatkan teknologi internet.

Survei harga tak masalah

Survei harga juga musti kamu lakukan sebelum berangkat ke pasar. Setidaknya, ketahuilah harga-harga yang sedang melambung. Cabai, bawang, tomat, dan beberapa jenis sayur lainnya memiliki kecenderungan harga yang fluktuatif. Dengan mencari tahu terlebih dahulu, kamu tidak akan kaget saat ditawari harga yang terlalu tinggi. Selain itu, hal ini akan memudahkanmu saat menawar barang.

Gunakan bahasa daerah setempat

Penjual di pasar tradisional umumnya masih menggunakan bahasa daerah setempat untuk berkomunikasi. Meskipun demikian, kamu tetap bisa mengobrol dengan penjual dengan bahasa Indonesia, kok. Penggunaan bahasa daerah hanya ditujukan untuk memudahkanmu dalam menawar dan bertanya.

Beli dalam jumlah banyak sekaligus

Tips terakhir adalah belilah dalam jumlah banyak sekaligus. Tak masalah jika kamu hanya ingin beli seikat kangkung atau sebutir tomat. Hanya saja, harga yang kamu dapatkan akan jauh lebih murah ketika membeli sayuran dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, belilah sayuran di pasar sekaligus dan simpan untuk beberapa hari kedepan.

meratakan perut

Tips Perut Rata dalam Sekejap!

Konser Tulus

Delapan Tahun Berkarya, Tulus Siapkan ‘Sewindu’