in , ,

Tips Naik Ojol Saat New Normal

cara naik ojol dengan aman selama new normal

ojol saat new normal
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Hingga saat ini memang masih belum dikeluarkan izin operasional ojek online (ojol) untuk mengangkut penumpang seperti biasa. Para pengemudi ojol saat ini hanya melakukan pesanan antar barang dan makanan. Jika nanti sudah dikeluarkan izin penggunaan jasa ojol, kamu harus memerhatikan protokol kesehatan untuk diri sendiri saat naik ojol. Berikut ini tips naik ojol saat new normal.

Bawa helm sendiri

Jika biasanya kamu menggunakan helm dari ojol, kini kamu harus lebih mandiri untuk membawa helm sendiri demi mencegah penularan. Pasalnya, helm yang biasanya digunakan ojol untuk mengangkut penumpang sangat berpotensi menjadi sarana penyebaran virus karena sering dipakai oleh orang yang tidak dikenal. Rekomendasi penggunaan helm pribadi juga sudah dikeluarkan untuk Aparatur Sipil Negara.

Gunakan sarung tangan

Saat kamu menggunakan sarung tangan pasti akan segan menyentuh area wajah sembarangan karena berpikiran sarung tangan yang digunakan tidak bersih. Penularan bisa melalui air liur yang tidak sengaja keluar pada saat berbicara. Setelah sampai rumah, langsung cuci tangan dan sarung tangan yang habis dipakai.

Bayar dengan cashless

Saat ini fitur cashless sangat berguna untuk mencegah kontak fisik dengan orang asing. Kamu bisa memanfaatkan salah satu penyedia jasa pembayaran cashless untuk membayar ojol. Pasalnya, uang kertas juga bisa menjadi media penularan karena kita tidak pernah tahu siapa saja yang sudah memegang uang tersebut. Selain itu, cashless akan sangat memudahkan kamu menyiapkan ongkos sesuai tarif yang tercantum.

Gunakan masker

Hingga saat ini menggunakan masker masih menjadi hal wajib yang mau tidak mau harus kamu lakukan, baik saat tubuh fit maupun merasa kurang sehat. Masker sangat berguna untuk mencegah penularan. Setelah sampai di rumah, segera cuci masker dengan sabun hingga bersih.

Mandi

Saat sampai di rumah jangan rebahan dulu di kasur atau bangku ruang tamu. Segera mandi untuk membersihkan badan dan cuci baju yang baru saja dikenakan.

Jaga jarak

Jaga jarak, menggunakan masker, dan rajin cuci tangan masih menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Jaga jarak demi kesehatan kamu dan pengemudi ojol saat new normal.

assalamualaikum calon imam

Rekomendasi Film Seri: Assalamualaikum Calon Imam

oreo supreme

Apa Keistimewaan Oreo Supreme yang Berharga Rp500 Ribu?